Rabu, 24 Safar 1441 / 23 Oktober 2019

Rabu, 24 Safar 1441 / 23 Oktober 2019

Bank BJB Catat Laba Rp 1,1 triliun

Selasa 10 Mar 2015 22:37 WIB

Rep: Sandy Ferdiana/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah

Bank Jabar

Bank Jabar

Foto: Wildan Hidayat/Rep

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG – Harapan Bank BJB menjadi 10 bank terbesar dan berkinerja baik semakin terbuka. Hasil kinerja 2014, menunjukkan, Bank BJB mencatat laba bersih sebesar Rp 1,120 triliun dengan total aset mencapai Rp 75,8 triliun.

Total aset Bank BJB tersebut meningkat sebesar 6,9 persen (year on year). Selain aset, pertumbuhan pun terjadi pada dana pihak ketiga (DPK) sebesar Rp 57,7 triliun atau meningkat sebesar 15,5 persen (yoy).
      
Hasil kinerja itu sempat disampaikan dalam analyst meeting FY-2014 di Jakarta, belum lama ini. Analyst meeting dihadiri oleh jajaran direksi Bank BJB dan para analyst pasar modal.

Dirut Bank BJB Ahmad Irfan mengatakan, dari segi makro ekonomi, tahun 2014 merupakan tahun yang penuh tantangan bagi perbankan, termasuk Bank BJB. Dia menjelaskan, tahun lalu,  terjadi ketidakpastian kondisi perekonomian global yang berdampak pada perekonomian Indonesia.

Fenomena perlambatan pertumbuhan ekonomi, inflasi dan kenaikan BI rate, sambung dia,  menyebabkan semakin meningkatnya persaingan perbankan. Namun patut disyukuri, tegas dia, dalam kondisi demikian, kinerja Bank BJB masih mengalami pertumbuhan.

Dari sisi kredit, pihaknya mengalami pertumbuhan sebesar 9,5 persen, dengan total kredit mencapai Rp 49,6 triliun. Peningkatan kredit salah satunya didukung oleh pertumbuhan kredit konsumer sebesar 16,4 persen atau setara dengan Rp 33,5 triliun.

Irfan memaparkan, pertumbuhan kredit konsumer itu mendukung pertumbuhan kredit Bank BJB secara keseluruhan. Untuk itu, pihaknya akan mempertahankan kredit konsumer sebagai captive market  Bank BJB, dan ditingkatkan melalui pertumbuhan secara organik dan anorganik.

Kemampuan Bank BJB dalam meningkatkan profitabilitas, lanjut dia, tidak terlepas dari pengelolaan biaya operasional yang sehat. Biaya operasional bank mengalami peningkatan seiring dengan semakin berkembangnya bisnis bank serta jaringan kantor Bank BJB.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA