Saturday, 20 Safar 1441 / 19 October 2019

Saturday, 20 Safar 1441 / 19 October 2019

BEI: Pendanaan Melalui Saham Masih Menarik

Kamis 27 Jun 2013 16:59 WIB

Red: Nidia Zuraya

Perdagangan saham di Bursa Efek Indonesia, ilustrasi

Perdagangan saham di Bursa Efek Indonesia, ilustrasi

Foto: Antara

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bursa Efek Indonesia (BEI) menilai pendanaan melalui pasar saham masih menarik meski kondisi pasar keuangan belum stabil menyusul kuatnya sentimen negatif eksternal.
"Kondisi pasar keuangan yang belum stabil saat ini, pendanaan melalui saham cukup baik dikarenakan tidak memiliki beban bunga," kata Direktur Penilaian Perusahaan BEI Hoesen di Jakarta, Kamis (27/6).

Menurut dia, pendanaan melalui pasar saham juga lebih menarik dibandingkan surat utang (obligasi). Meski demikian, lambat laun pendanaan obligasi juga akan tetap menarik. Ia mengemukakan saat ini ada sembilan perusahaan sedang tahap proses untuk melakukan penawaran umum terbatas (right issue). Sementara sekitar 21 perusahaan juga sedang proses pelaksanaan penawaran umum saham perdana (IPO). "Sebanyak 21 perusahaan sedang proses IPO, sepanjang tahun ini sudah ada 16 perusahaan yang mencatatkan sahamnya di BEI," kata dia.

Hoesen mengharapkan bertambahnya jumlah perusahaan yang melepas sahamnya ke publik dapat memulihkan pasar modal yang sedang bergejolak. "Kehadiran perusahaan baru di BEI semoga memulihkan pasar modal kita," ujarnya.

Ia mengatakan pihaknya terus berupaya untuk meyakinkan perusahaan agar tidak menunda pelaksanaan IPO sehingga pendanaan dari pasar modal untuk melakukan ekspansi dapat terealisasi.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA