Wednesday, 16 Muharram 1440 / 26 September 2018

Wednesday, 16 Muharram 1440 / 26 September 2018

Selain Jobs & Wozniak, Ada Nama Lain Dibalik Kesukesan Apple

Jumat 18 May 2012 23:12 WIB

Red: Ajeng Ritzki Pitakasari

Mike Markkula (kanan) berfoto bersama Steve Jobs di awal-awal pendirian Apple

Mike Markkula (kanan) berfoto bersama Steve Jobs di awal-awal pendirian Apple

Foto: mac-history.net

REPUBLIKA.CO.ID, Duet pendiri raksasa teknologi, Apple, Steve Jobs and Steve Wozniak sejauh ini mendapat paling banyak pujian untuk kesuksesan awal perusahaan. Namun, menurut pengakuan Wozniak, ada lagi satu figur yang kerap tak terlihat yang sebenarnya layak mendapat penghargaan

"Mike Markkulaa sesungguhnya ialah seseorang dan pria yang membuat Apple menjadi perusahaan sukses," ujar Wozniak menyebut sosok penting lain pekan lalu dalam kuliah bisnis di Australia.

Markkula bisa dilihat dalam foto di atas bersama Steve Jobs, ialah sosok kunci hari-hari pertama Apple, yang mengucurkan dana investasi awal sebesar 250 ribu dolar. Ia pula yang meyakinkan  Woznia untuk bekerja di Apple, alih-alih HP. Bahkan, Markkula pernah menulis kode beberapa piranti lunak untuk salah satu komputer pertama Apple.

Namun bukan hanya investasi atau pelatihan si Markkula yang dihargai Wozniak dalam kuliahnya. Markkula, sebut Wozniak telah mengubah strategi bisnis perusahaan sejak awal secara fundamental. "Ia membuat Apple menjadi perusahaan yang didorong marketing (bertentangan dengan perusahaan didorong semata-mata produk rekayasa teknologi).

Begitu pula yang ditulis Walter Isaacson dalam penjelasannya di buku biografi tentang Steve Jobs, Markkula menekankan tiga poin panduan marketing untuk perusahaan berjudul, The Apple Marketing Philosophy. Dalam prinsip itu terdapat langkah-langkah efektif yang dibutuhkan Apple untuk bersaing merebutkan pasar dan pelanggan dan membangun brand. Menurut Wozniak, tiga filosofi itu bernilai lebih dari apa pun yang mungkin telah membangun perusahaan saat ini

Sumber : Mac History
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES

In Picture: Peselam Wanita di Saudi Arabia

Selasa , 25 September 2018, 22:23 WIB