Thursday, 20 Muharram 1444 / 18 August 2022

Asuransi Perjalanan Covid Turki, Syarat Masuk Turki 2022, dan Rekomendasi Tempat Wisata Terbaik

Senin 23 May 2022 01:02 WIB

Rep: cermati.com/ Red: cermati.com

Turki: Syarat Masuk Turki 2022, dan Rekomendasi Tempat Wisata Terbaik

Turki: Syarat Masuk Turki 2022, dan Rekomendasi Tempat Wisata Terbaik

Ingin berlibur ke Turki? Sebelum berangkat ketahui dulu syarat masuk Turki, kebutuhan asuransi perjalanan Covid-19, dan destinasi wisatanya.

Turki adalah salah satu negara di dunia yang cukup berani dan longgar dalam menerapkan pembukaan pariwisata internasional di masa pandemi Covid-19. Bahkan di akhir tahun kemarin, tepatnya pada 24 Desember 2021, Turki resmi memberlakukan bebas visa untuk wisatawan Indonesia. 

Kebijakan ini tentunya dibuat bukan tanpa alasan. Menurut Kedutaan Besar Turki di Indonesia, Turki memutuskan untuk mencabut persyaratan visa untuk warga negara Indonesia karena memandang baik hubungan persaudaraan yang selama ini sudah terjalin dan sebagai bentuk kemitraan strategis.

Hal inilah yang kemudian menjadi angin segar bagi banyak masyarakat dunia (terutama Indonesia) yang senang melancong. Namun, kebijakan tersebut tidak otomatis menjadikan Turki sebagai destinasi wisata mancanegara tanpa persyaratan. Tetap ada syarat masuk Turki yang wajib kamu penuhi. Apa saja? Berikut adalah detailnya.

Baca Juga: Asuransi Perjalanan Covid Vietnam, Syarat Masuk Vietnam 2022 dan Rekomendasi Tempat Wisata Terbaik

Syarat Umum Masuk ke Turki

Taman Emirgan

Salah satu destinasi wisata favorit di Turki, Taman Emirgan

Ada beberapa syarat masuk Turki yang harus kamu penuhi:

  • Paspor.
  • Mengisi Traveler Entry Form (Formulir Masuk Wisatawan) secara online. Pengisian wajib dilakukan oleh seluruh penumpang usia 6 tahun ke atas yang ingin memasuki Turki. Syarat ini tidak berlaku untuk anak dengan usia di bawah 6 tahun.

Syarat Tambahan Masuk ke Turki

Tidak ada syarat tambahan untuk masuk ke Turki. Termasuk, asuransi perjalanan Covid Turki. Ya, Turki tidak mewajibkan wisatawan yang masuk untuk memiliki asuransi perjalanan Covid Turki.

Namun, jika kamu merupakan orang yang senang berjaga-jaga, maka asuransi Covid Turki wajib untuk kamu miliki. Cek di sini untuk informasi selengkapnya.

Kebijakan Karantina Turki untuk Wisatawan dari Luar Negeri

Merujuk dari informasi yang disampaikan oleh Turkish Airlines, bahwasanya wisatawan sudah tidak perlu melakukan karantina lagi saat tiba di Turki, asalkan memenuhi setidaknya satu dari beberapa persyaratan di bawah ini:

  1. Menerima setidaknya dua dosis vaksin yang telah disetujui oleh Organisasi Kesehatan Dunia atau oleh Turki (pengecualian untuk Johnson & Johnson, yaitu satu dosis) dan sudah menyerahkan dokumen yang menyatakan bahwa vaksinasi terbaru dilakukan setidaknya 14 hari sebelum keberangkatan.
  2. Menyerahkan dokumen yang dikeluarkan oleh otoritas resmi negara terkait yang menyatakan bahwa kamu telah terjangkit virus Covid-19 dalam 6 bulan terakhir. Perhitungan periode 6 bulan dimulai sejak tanggal 28 dari hasil tes PCR positif pertama.
  3. Menunjukkan hasil tes PCR negatif yang diterima dalam 72 jam terakhir atau tes rapid antigen negatif yang diambil dalam 48 jam terakhir.
    • Anak di bawah usia 12 tahun tidak diwajibkan untuk menyerahkan hasil tes PCR/antigen dan sertifikat vaksin.
    • Persyaratan di atas tidak berlaku untuk penumpang transfer dari jalur internasional ke jalur internasional.
    • Pelaut dan pengemudi truk dibebaskan dari test PCR SARS-CoV-2 dan aplikasi karantina.
    • Wajib menggunakan masker selama berada di penerbangan dan/atau di bandara.
    • Sertifikat vaksin Serbia, Hongaria, Kazakhstan, Irak, Libya, Jepang, Indonesia, Filipina, Vietnam, dan Mesir diterima oleh Republik Turki (untuk kamu yang ingin memasuki Turki dengan sertifikat vaksin).
Baca Juga: Asuransi Perjalanan Covid Singapura, Syarat Masuk Singapura 2022, dan Rekomendasi Tempat Wisata Terbaik

Rekomendasi 10 Tempat Wisata Favorit di Turki

  1. Cappadocia

    Cappadocia

    “It’s my dream Mas!” ini adalah salah satu ungkapan yang sempat viral dari film Layangan Putus. Ya, pemeran Kinan dalam film Layangan Putus memang menjadikan Cappadocia sebagai tempat impiannya. 

    Cappadocia sendiri merupakan wilayah bersejarah di Anatolia Tengah, Turki. Di mana, di tempat ini kamu bisa melihat hamparan batuan vulkanik lunak yang terbentuk dari erupsi gunung berapi. Tidak hanya itu, di Cappadocia kamu juga bisa menaiki balon udara dan berkeliling menunggangi kuda.

  2. Taman Emirgan

    Taman Emirgan adalah taman bersejarah seluas 100++ hektar di wilayah Emirgan, Istanbul, Turki. Di tempat ini kamu bisa menikmati keindahan dari berbagai flora dan fauna. Satu hal yang paling khas dari Taman Emirgan adalah koleksi bunga tulipnya.

    Waktu terbaik untuk mengunjungi dan melihat keindahan alam ini adalah bulan April dan Mei.

  3. Hagia Sophia

    Hagia Sophia adalah tempat ibadah yang ditetapkan sebagai warisan oleh UNESCO dan saat ini sudah difungsikan sebagai masjid (untuk ikon Kristennya tetap dilestarikan dan tidak dihilangkan).

    Di Hagia Sophia, kamu bisa menikmati keindahan dari salah satu peninggalan bersejarah di Turki. 

  4. The Blue Mosque

    Merupakan tempat ibadah umat Islam yang memiliki arsitektur megah dan ikonik. Di masjid bersejarah ini kamu bisa berwisata sekaligus beribadah.

  5. Ataturk Mausoleum (Anıtkabir)

    Tempat mewah dan megah ini merupakan makam dari presiden pertama Republik Turki, Mustafa Kemal Atatürk. Bahkan, salah satu tempat bersejarah di Turki ini, membutuhkan waktu hingga sembilan tahun untuk proses pembangunannya.

  6. Ephesus

    Ephesus

    Ephesus merupakan bangunan sisa reruntuhan Kota Romawi Kuno. Di Ephesus, kamu akan menemukan sisa reruntuhan perpustakaan juga tempat bertarung para gladiator. Tempat bersejarah ini sangat cocok diabadikan untuk menambah koleksi foto estetik kamu.

  7. Pamukkale

    Pamukkale atau dalam bahasa Indonesia berarti “Benteng Kapas” adalah sebuah kota kecil yang terletak di provinsi Denizli, Turki. 

    Di Pamukkale, kamu akan disuguhi pemandangan kolam berundak-undak yang terbentuk secara alami. Tidak hanya itu, kamu juga bisa berendam di kolam air panas tersebut yang konon katanya bisa menyembuhkan berbagai jenis penyakit.

  8. Taksim Square

    Di Taksim Square kamu bisa menikmati berbagai macam hiburan, berbelanja berbagai macam produk khas Turki, serta menikmati berbagai macam makanan dan minuman lezat di restoran-restoran ternama.

  9. Grand Bazaar

    Di Grand Bazaar, kamu bisa berwisata belanja sekaligus menikmati keindahan bangunan pasar terbesar dan tertua di dunia ini.

  10. Istiklal Street

    Istiklal Street merupakan pusat wisata dan jantung kota Istanbul. Bahkan tempat ini, selalu dikunjungi oleh jutaan orang setiap akhir pekan. Wow, menarik bukan?

Estimasi Biaya Perjalanan ke Turki

Agar bisa menikmati 10 tempat wisata favorit di Turki, kamu perlu menyiapkan budget Rp15.000.000,- sampai Rp20.000.000,- per orang. Di mana ini adalah estimasi biaya perjalanan (termasuk transportasi, akomodasi, dan konsumsi) selama di Turki dengan menggunakan jasa tour and travel.

Liburan Mewah dan Mengesankan di Turki

Itulah beberapa syarat masuk Turki beserta destinasi wisata favoritnya. Kira-kira apakah Turki akan menjadi negara tujuan liburanmu selanjutnya?

Jika ya, jangan lupa untuk ikuti seluruh aturan dan kebijakan yang berlaku di negara tersebut. Selamat berlibur!

Baca Juga: Asuransi Perjalanan Covid Thailand, Syarat Masuk Thailand 2022 dan Rekomendasi Tempat Wisata Terbaik

Disclaimer: Seluruh informasi yang ada dalam artikel ini, terutama mengenai persyaratan perjalanan, tidak bisa digunakan sepenuhnya sebagai rujukan perjalanan. Sangat dianjurkan untuk membaca kembali informasi yang lengkap dari berbagai sumber resmi yang dibuat oleh otoritas terkait yang mengatur kebijakan perjalanan ke negara tujuan.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA