Jumat 12 Nov 2021 12:16 WIB

UE Anggarkan Dana Infrastuktur Rp 657,8 T untuk Lawan China

Dana tersebut akan digunakan untuk membangun infrastruktur teknologi.

Rep: Novita Intan/ Red: Nidia Zuraya
Bendera Uni Eropa.
Foto: Anadolu Agency
Bendera Uni Eropa.

REPUBLIKA.CO.ID, PARIS -- Uni Eropa telah menyiapkan anggaran sebesar 40 miliar euro atau 45,9 miliar dolar AS atau setara dengan Rp 657,8 triliun (kurs Rp 14.300 per dolar AS) untuk membangun infrastruktur teknologi. Adapun rencana ini untuk meningkatkan kepentingan dan daya saing Eropa di seluruh dunia dan mempromosikan standar dan nilai lingkungan yang berkelanjutan seperti demokrasi, hak asasi manusia, dan supremasi hukum.

Seperti dilansir dari laman Bloomberg, Jumat (12/11) strategi tersebut mengikuti kesepakatan yang dipimpin AS yang dicapai selama KTT Kelompok Tujuh bulan Juli. Para pemimpin sepakat untuk meluncurkan inisiatif infrastruktur global yang disebut Build Back Better World untuk membantu mempersempit kebutuhan infrastruktur yang menganga di negara berkembang dan memberikan saingan hijau bagi inisiatif ambisius China.

Baca Juga

Setiap upaya AS atau UE untuk melawan proyek triliunan dolar Beijing yang besar melalui pembiayaan proyek infrastruktur di seluruh negara berkembang. Pemerintahan Biden mengatakan pihaknya berharap transparansi dan menawarkan alternatif untuk pembiayaan utang berat yang dibutuhkan oleh China, AS dan sekutu dapat menawarkan alternatif.

Rencana Global Gateway akan menyediakan merek payung investasi UE yang sudah ekstensif dalam infrastruktur di seluruh dunia. Memungkinkan koordinasi yang lebih baik antara negara-negara anggota, memperluas kerja sama dengan mitra internasional dan regional dan membuat pendanaan lebih jauh.

Uni Eropa akan menawarkan 40 miliar euro jaminan dari Dana Eropa untuk mekanisme Pembangunan Berkelanjutan Plus, di samping beberapa miliar euro dalam bentuk hibah, menurut rancangan tersebut. Dokumen tersebut juga mencatat di bawah siklus anggaran UE saat ini hingga 2027, investasi dalam konektivitas diperkirakan akan meningkat secara signifikan melalui program bantuan pembangunan Eropa Global, yang memiliki anggaran keseluruhan sebesar 79,5 miliar euro.

Dalam meluncurkan strategi Global Gateway, UE akan bertujuan untuk mendukung proyek-proyek di seluruh dunia, termasuk Balkan Barat dan Turki, dengan rancangan yang menyoroti perluasan jaringan transportasi trans-Eropa sebagai inisiatif utama. 

Hal ini mencatat Rencana Ekonomi dan Investasi UE di Balkan menetapkan paket investasi yang berencana untuk memanfaatkan hibah hingga sembilan miliar euro selama tujuh tahun ke depan. Wilayah timur Eropa, fokusnya investasi dalam energi digital dan terbarukan, serta infrastruktur energi bersih untuk mengembangkan bahan baku dan rantai nilai baterai di Ukraina.

Eropa Selatan, dengan kemungkinan kontribusi hibah hingga tujuh miliar euro, UE berharap dapat menghasilkan investasi swasta hingga 30 miliar euro digunakan proyek-proyek, termasuk produksi hidrogen terbarukan.

Afrika, saham investasi asing langsung blok itu mencapai 222 miliar euro dan melampaui pengeluaran AS dan China. UE bertujuan untuk mengembangkan ekonomi digital benua dan meningkatkan akses ke internet dan jaringan transportasi.

Asia Tengah, dengan blok yang bertujuan untuk mengidentifikasi koneksi transportasi yang paling berkelanjutan dan meningkatkan keberlanjutan dalam perencanaan. Indo-Pasifik, tempat UE bekerja untuk membangun kemitraan digital dengan negara-negara seperti Jepang dalam bidang kecerdasan buatan.

Di Amerika Latin, blok tersebut berencana untuk memperluas proyek yang ada di kabel serat optik bawah laut dan terestrial ke negara lain. Adapun proyek pembiayaan bersama Arktik, seperti koridor lintas batas 5G untuk mendukung konektivitas antara UE dan kawasan, serta investasi dalam hidrogen terbarukan di Greenland.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement