Wednesday, 4 Jumadil Awwal 1443 / 08 December 2021

Wednesday, 4 Jumadil Awwal 1443 / 08 December 2021

Investasi Asing ke China Diperkirakan Lampaui 1 Triliun Yuan

Sabtu 23 Oct 2021 14:36 WIB

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Fuji Pratiwi

Bendera China. China memperkirakan investasi asing pada 2021 akan lebih dari 1 triliun yuan.

Bendera China. China memperkirakan investasi asing pada 2021 akan lebih dari 1 triliun yuan.

Foto: AP Photo/Kin Cheung
Pemulihan ekonomi yang berkelanjutan dan stabil berdampak positif bagi China.

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING – Kementerian Perdagangan (MOC) China memperkirakan investasi asing pada 2021 akan lebih dari 1 triliun yuan. Dikutip dari Xinhua Net, Sabtu (23/10), pejabat MOC Zong Changqing mengatakan, investasi asing tersebut dalam dolar AS diperkirakan melebihi 160 miliar dolar AS.

Dengan memuji situasi investasi asing yang lebih baik dari perkiraan sejak awal tahun ini, Zong mengatakan, China masih menghadapi tantangan berat. Mengingat, saat ini pandemi Covid-19 masih terus berkembang, rekonstruksi rantai pasokan industri global, dan faktor nonkeuangan termasuk sejumlah aturan pembatasan.

Zong juga mengungkapkan adanya pemulihan ekonomi yang berkelanjutan dan stabil akan berdampak positif kepada investasi asing yang masuk ke China. Begitu juga dukungan dari pasar yang sangat besar, kapasitas pendukung industri yang lengkap, sumber daya manusia yang memadai, dan infrastruktur yang baik akan membantu China menarik lebih banyak investasi asing.

MOC juga melakukan survei terbaru kepada lebih dari tiga ribu perusahaan-perusahaan asing utama di China. Dari survei tersebut menunjukkan bahwa 93,3 persen dari perusahaan-perusahaan tersebut optimistis untuk perkembangan masa depan.

Zong mengatakan, dari perusahaan asing utama yang disurvei di China, 99 persen mengatakan tidak memiliki rencana untuk mengurangi investasi. Bahkan 99 persen perusahaan tersebut juga menyatakan tidak akan meninggalkan pasar.

 

Baca Juga

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA