Selasa 17 Aug 2021 11:52 WIB

Sekolah di AS Mulai Buka, Ritel Diyakini Mulai Bergairah

Musim kembali ke sekolah membuat para peritel optimistis.

Rep: Dedy Darmawan Nasution/ Red: Fuji Pratiwi
Raksasa ritel Amerika Serikat Walmart (ilustrasi). Industri ritel optimistis akan penjualan mereka seiring musim kembali ke sekolah di AS.
Raksasa ritel Amerika Serikat Walmart (ilustrasi). Industri ritel optimistis akan penjualan mereka seiring musim kembali ke sekolah di AS.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Raksasa ritel AS, Walmart dan Target, diperkirakan akan mengantongi penjualan yang lebih tinggi ketika mereka melaporkan hasil kuartalan pekan ini. Hal ini didorong belanja orang tua yang mulai membeli pakaian dan ransel untuk anak-anak kembali ke ruang kelas setelah pembatasan Covid-19.

Industri memperkirakan total pengeluaran kembali ke sekolah melampaui 100 miliar dolar AS, naik 6,4 persen dari tahun lalu ketika sekolah, perguruan tinggi, dan rapat kantor sebagian besar terbatas secara virtual.

Baca Juga

"Konsumen dibanjiri uang tunai, tingkat tabungan telah meningkat selama pandemi, dan ada permintaan terpendam yang berarti untuk produk-produk kembali ke sekolah mulai dari perlengkapan sekolah hingga sepatu kets hingga laptop," kata Ken Perkins, pendiri firma riset Retail Metrics, seperti dilansir dari Reuters, Selasa (17/8).

Stimulus fiskal dan keringanan kredit pajak dari pemerintahan Presiden AS Joe Biden juga disebut-sebut membantu meningkatkan penjualan. Oleh para analis dicirikan, hal ini sebagai salah satu yang terbaik dari musim kembali ke sekolah bagi industri ritel. Sekalipun, ketika varian Delta mengancam untuk meredam pemulihan ekonomi.

Namun di sisi lain, gangguan rantai pasokan di seluruh industri, peningkatan biaya dan kekurangan tenaga kerja di Amerika Serikat kemungkinan akan membebani margin pada kuartal ini. Para analis menambahkan, keuntungan pangsa pasar yang dibuat oleh Target dan Walmart selama pandemi diperkirakan akan mengimbangi beberapa tekanan tersebut.

"Saya tidak berpikir pengecer mana pun di momen paling optimis mereka akan berpikir bahwa musim kembali ke sekolah akan sekuat ini," kata Howard Meitiner, Direktur Pelaksana Carl Marks Advisors.

Walmart berada dalam posisi yang sangat kuat karena telah melakukan investasi besar dalam bisnis daringmya, tetapi juga siap untuk orang-orang yang ingin kembali ke toko.

Pengecer terbesar di dunia melihat pertumbuhan lalu lintas untuk pertama kalinya pada tahun 2021, dengan kunjungan Juli melonjak 2,9 persen dibandingkan dengan waktu yang sama pada 2019. Sementara kunjungan di toko Target meningkat 15,9 persen untuk periode itu, menurut perusahaan data Placer.

Menurut data Refinitiv IBES, ritel diperkirakan akan membukukan kenaikan 3,39 persen dalam penjualan toko yang sama di AS dan laba yang disesuaikan sebesar 1,57 dolar per saham ketika melaporkan kuartal kedua pada hari Selasa, (17/8). Sementara, konsensus analis untuk penjualan dan laba sebanding kuartalan Target diperkirakan menjadi hampir 8 persen dan 3,49 dolar AS per saham, masing-masing.

Beberapa konsultan melihat penjualan di musim kembali ke sekolah yang kuat sebagai pertanda baik untuk musim belanja liburan yang sangat penting. "Semua orang, dari Walmart hingga Target, benar-benar mencoba menggunakan musim kembali ke sekolah sebagai saluran untuk membawa orang ke toko," kata Stacy DeBroff, pendiri perusahaan data pemasaran Influence Central, yang bekerja sama dengan pengecer seperti JCPenney, Alat Olah Raga Dick dan Skechers.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement