Thursday, 14 Zulqaidah 1442 / 24 June 2021

Thursday, 14 Zulqaidah 1442 / 24 June 2021

Jeff Bezos Jual Saham Amazon Rp 34,32 Triliun Pekan Ini

Ahad 09 May 2021 09:40 WIB

Rep: Dedy Darmawan Nasution/ Red: Nidia Zuraya

Jeff Bezos, pendiri Amazon.com.

Jeff Bezos, pendiri Amazon.com.

Foto: EPA
Orang terkaya di dunia memiliki lebih dari 10 persen saham Amazon.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Jeff Bezos menjual saham Amazon.com Inc. senilai 2,4 miliar dolar AS atau setara Rp 34,32 triliun (kurs Rp 14.300 per dolar AS) pada gelombang kedua pekan ini. Dengan kata lain, total jumlah nilai saham yang dijual senilai sehingga 5 miliar dolar AS.

Seperti dilansir dari Bloomberg, Ahad (9/5), Bezos menjual 739.032 lembar saham di bawah rencana perdagangan yang telah diatur sebelumnya, menurut pengajuan Komisi Sekuritas dan Bursa AS, beberapa hari setelah dia melepaskan jumlah yang sama. Dia mengatakan, dalam pengajuan awal pekan ini bahwa dia berencana untuk menjual sebanyak 2 juta saham.

Baca Juga

Orang terkaya di dunia memiliki lebih dari 10 persen saham Amazon, sumber utama kekayaan 192,1 miliar dolar AS, menurut Bloomberg Billionaires Index.

Dalam 15 tahun terakhir setelah Amazon go public pada tahun 1997, Bezos menjual sekitar seperlima sahamnya secara ecer dengan harga sekitar 2 miliar dolar AS. Nilai sahamnya telah berkembang sedemikian rupa dalam beberapa tahun terakhir sehingga dia sekarang dapat menjual dalam jumlah yang relatif kecil untuk miliaran dolar AS. Tahun lalu dia melepas saham senilai lebih dari 10 miliar dolar AS.

Bisnis Amazon tumbuh 76 persen tahun lalu karena pandemi Covid-19 mendorong orang untuk menggunakan belanja online. Sahamnya naik 1,1 persen sepanjang tahun ini.

Pendiri Amazon itu telah menggunakan penjualan ekuitas untuk mendanai perusahaan roket Blue Origin, sementara dia berkomitmen 10 miliar dolar AS untuk Bezos Earth Fund dalam membantu melawan efek perubahan iklim.

Bezos juga akan menerima pengiriman superyacht yang sedang dibangun di Belanda yang akan memiliki panjang 127 meter (417 kaki), menjangkau beberapa dek dan memiliki tiga tiang besar.

Pukulan terbesar bagi kekayaan Bezos datang setelah perceraiannya dengan MacKenzie Scott, yang menerima 4 persen saham di Amazon sebagai bagian dari perpecahan.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA