Monday, 15 Rabiul Akhir 1442 / 30 November 2020

Monday, 15 Rabiul Akhir 1442 / 30 November 2020

IPO Ant Group Tambah Kekayaan Jack Ma Menjadi Rp 999 Triliun

Selasa 27 Oct 2020 07:50 WIB

Rep: Retno Wulandhari/ Red: Nidia Zuraya

Jack Ma

Jack Ma

Foto: Chinatopix via AP
Ada 18 orang selain Ma yang akan terangkat menjadi miliarder berkat IPO Ant Group.

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING -- Aksi penawaran saham perdana atau Initial Public Offering (IPO) terbesar di dunia dari Ant Group akan mengangkat kekayaan Jack Ma sebesar 27 miliar dolar AS atau setara Rp 395 triliun. Selain Jack Ma, terdapat 18 orang lainnya yang akan terangkat menjadi miliarder berkat IPO ini.  

Dilansir laman Forbes, Selasa (27/10), saham Ma di Ant jika ditambahkan dengan kepemilikannya di Alibaba Group akan meningkatkan kekayaannya sekitar 68 miliar dolar AS atau setara Rp 999,26 triliun. Jumlah tersebut akan membuat mantan guru bahasa Inggris itu menjadi orang terkaya di China sekaligus orang terkaya ke-12 di dunia.

Ant Group berencana mencatatkan sahamnya di dua tempat sekaligus yaitu bursa Hong Kong dan Shanghai. Nilai IPO yang mencapai 35 miliar dolar AS tersebut semakin mempertegas posisi China sebagai negara yang sangat berpengaruh di bidang teknologi finansial.

Aksi korporasi tersebut juga berdampak positif terhadap posisi China di pasar modal internasional. Banyaknya miliarder baru dari China juga mempertegas negara tersebut sebagai sumber kekayaan yang sangat besar.

China yang merupakan negara kedua dengan ekonomi terbesar di dunia adalah rumah bagi para miliarder dunia setelah Amerika Serikat. Salah satu pengusaha China yang akan menjadi miliarder baru nantinya yaitu CEO Alibaba Group, Daniel Zhang, dengan kepemilikan saham Ant sebesar 1,5 miliar dolar AS.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA