Jumat 23 Oct 2020 15:11 WIB

Ratusan Ekonom Menentang Terpilihnya Kembali Trump

Perilaku Trump selama pandemi membahayakan masyarakat dan pemulihan ekonomi.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Friska Yolandha
Presiden Donald Trump
Foto: EPA-EFE/DAVID MAXWELL
Presiden Donald Trump

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- Lebih dari 700 ekonom, termasuk tujuh pemenang Hadiah Nobel, memperingatkan terhadap terpilihnya kembali Presiden Donald Trump.

Mereka menyebut terpilihnya kembali Trump akan menyebabkan serangan berkelanjutan terhadap demokrasi, kurangnya tanggapan yang baik terhadap pandemi dan penyebaran informasi yang salah yang berbahaya.

Baca Juga

"Hanya dalam satu masa jabatan, Donald Trump telah membuat Amerika Serikat tidak dapat dikenali, dan tidak menghadapi konsekuensi apa pun untuk melakukannya," tulis para ekonom dalam surat terbuka, yang diperbarui hingga pemilihan 3 November, dilansir CNN, Jumat (23/10).

Surat tersebut ditandatangani oleh ekonom terkemuka dari lembaga besar, termasuk peraih Nobel Paul Milgrom (2020) dan Oliver Hart (2016) dan Alvin Roth (2012). George Akerlof, suami pemenang Nobel dari mantan Gubernur bank sentral Federal Reserve Janet Yellen, juga menandatangani surat itu.

"Untuk alasan ini, kami sangat menyarankan agar para pemilih melakukan apa yang tidak dapat dilakukan orang lain: merebut kembali demokrasi Anda dengan memberikan suara untuk menggulingkan Donald Trump dari jabatannya," tulis para ekonom.

Ketika Trump memenangkan pemilu pada 2016, dia mewarisi ekonomi yang sehat dan pasar saham mendekati rekor tertinggi. Surat terbuka tersebut mengikuti upaya serupa pada tahun 2016 yang gagal menggulingkan Trump untuk ke Gedung Putih.

Pada saat itu, setidaknya 790 ekonom mendesak orang Amerika untuk tidak memilih Trump, dengan alasan ketidaktahuan mendalam tentang ekonomi dan ketidakmampuan untuk mendengarkan para ahli yang kredibel.

Dalam surat mereka saat ini, para ekonom mengungkapkan kekecewaan atas perilaku egois dan sembrono Trump selama pandemi. Perilaku pribadinya selama wabah Covid-19 dinilai para ekonom telah membahayakan kesehatan masyarakat, pemulihan ekonomi, dan pembukaan kembali sekolah yang aman.

"Dia merusak penggunaan masker dan jarak sosial, mengadakan demonstrasi di dalam ruangan, mendorong penggunaan zat medis yang belum terbukti dan berpotensi berbahaya, meremehkan tingkat keparahan pandemi, dan menyelenggarakan acara yang lebih luas yang melumpuhkan Gedung Putih dan memaksa kepemimpinan militer ke karantina," tulis surat tersebut.

Pandemi telah menewaskan lebih dari 222.000 orang Amerika sejak Maret. Trump juga disebut secara teratur menyebarkan informasi yang salah yang berbahaya, bahkan selama masa krisis.

Sebuah studi baru-baru ini menyimpulkan bahwa Trump kemungkinan besar adalah pendorong terbesar dari misinformasi Covid-19. Para ekonom juga mengatakan bahwa Trump secara konsisten merusak kemandirian dan kredibilitas badan kesehatan utama AS, termasuk FDA, CDC, dan National Institutes of Health.

Christopher Sims, profesor Universitas Princeton yang memenangkan hadiah Nobel dalam ilmu ekonomi pada tahun 2011, menjelaskan mengapa dia menandatangani surat tersebut.

"Ada banyak kritik dalam kebijakan ekonomi presiden, tetapi bagi saya alasan paling penting untuk menentang pemilihannya kembali adalah bahaya bagi lembaga politik kita yang dia wakili." kata Sims.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement