Kamis 11 Jun 2020 15:01 WIB

Bill Gates Jawab Tudingan di Balik Corona

Teori konspirasi semacam itu berefek buruk bagi penanganan corona.

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Fuji Pratiwi
Bill Gates. Sejumlah teori konspirasi yang menghubungan virus corona dengan pendiri Microsoft, Bill Gates.
Foto: EPA
Bill Gates. Sejumlah teori konspirasi yang menghubungan virus corona dengan pendiri Microsoft, Bill Gates.

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- Ada sejumlah teori konspirasi yang menghubungan virus corona dengan pendiri Microsoft, Bill Gates. Gates menyebut hal itu bodoh dan tidak mendasar.

Salah satunya menyebut Gates lah yang membuat virus corona. Teori lain mengklaim pandemi corona sebagai dalih pembuatan vaksin yang berisi microchip untuk memantau populasi dunia.

Baca Juga

Gates menyebut teori konspirasi soal corona yang dituduhkan padanya hanyalah hal bodoh dan tak jelas. Baru-baru ini, Bill dan Melinda Gates Foundation menyumbangkan 1,6 miliar dolar AS bagi pembuatan vaksin corona.

"Anda tentu ingin melihatnya sebagai humor, tapi saya pikir tidak demikian. Saya tak pernah terlibat dalam urusan mikrocip seperti dituduhkan," kata Gates seperti dilansir dari The New York Post pada Kamis,(11/6).

Gates mengakui lama kelamaan sulit membantah teori konspirasi yang dialamatkan padanya. Sebab teori konspirasi terus disiarkan berulang hingga seolah menjadi kenyataan di masyarakat.

"Sungguh cukup sulit membantah hal semacam itu walau terlihat bodoh dan aneh tapi terus diulang seolah mendapat kredibilitas," ujar Gates.

Gates menekankan teori konspirasi semacam itu punya efek buruk bagi penanganan virus corona. Sebab masyarakat bisa saja tak percaya jika ingin divaksin corona suatu hari nanti saat ditemukan.

"Kesalahan informasi bisa membuat kita mandek pada suatu titik," ucap Gates. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement