Senin, 22 Safar 1441 / 21 Oktober 2019

Senin, 22 Safar 1441 / 21 Oktober 2019

737 MAX Dapat Persetujuan Layak Terbang, Saham Boeing Naik

Sabtu 25 Mei 2019 11:10 WIB

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Friska Yolanda

Sebuah pesawat Boeing 737 Max 8sedang dirakit untuk TUI Group di Pabrik Perakitan Boeing Co's di Renton, Washington, Senin (11/3).

Sebuah pesawat Boeing 737 Max 8sedang dirakit untuk TUI Group di Pabrik Perakitan Boeing Co's di Renton, Washington, Senin (11/3).

Foto: AP Photo/Ted S. Warren
FAA mempertimbangkan izin terbang 737 MAX pada akhir Juni.

REPUBLIKA.CO.ID, CHICAGO -- Reuters melaporkan Administrasi Penerbangan Federal (FAA) mengharapkan untuk menyetujui jet 737 MAX untuk kembali ke layanan secepatnya pada akhir Juni. Hal ini membuat saham Boeing Co naik sebanyak tiga persen, tertinggi selama dua pekan.

Baca Juga

Saham pembuat pesawat terbesar di dunia telah jatuh hampir 15 persen sejak kecelakaan fatal jet Ethiopia Airlines 737 MAX pada bulan Maret. Jatuhnya harga saham itu menghapus sekitar 40 miliar dolar AS nilai pasar.

Saham tersebut juga berada di antara yang berkinerja terburuk pada indeks S&P 500 dan Dow Jones Industrial Average. Indeks benchmark naik sekitar tiga persen selama periode yang sama, sementara Dow naik 0,2 persen marjinal.

"Dialog lebih bergeser ke arah ketika pesawat bisa kembali ke layanan," tulis analis Morgan Stanley, Rajeev Lalwani dalam sebuah catatan.

Jika pesawat akan terbang pada Juni, operatornya, termasuk Southwest Airlines Co, American Airlines Group Inc dan United Continental Holdings Inc, kemungkinan tidak perlu memperpanjang pembatalan mahal yang telah mereka lakukan pada musim terbang puncak musim panas. Diharapkan, maskapai kembali mempercayai produk Boeing dan melanjutkan kerja sama.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA