Senin, 10 Zulqaidah 1439 / 23 Juli 2018

Senin, 10 Zulqaidah 1439 / 23 Juli 2018

AS Bakal Batasi Investasi Cina di Sektor Teknologi

Senin 25 Juni 2018 13:07 WIB

Rep: Halimatus Sa'diyah/ Red: Nidia Zuraya

Bendera Cina-Amerika

Bendera Cina-Amerika

Foto: washingtonote
Kemenkeu AS akan memblokir perusahaan yang 25 persen sahamnya dimiliki Cina

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Pemerintah Amerika Serikat (AS) akan membatasi investasi Cina di industri berbasis teknologi milik mereka. Saat ini, Departemen Keuangan AS tengah menyusun draft mengenai pembatasan investasi tersebut.

Berdasarkan pernyataan resmi Pemerintah AS pada Senin (25/6), Kementerian Keuangan AS akan memblokir perusahaan yang minimal 25 persen sahamnya dimiliki Cina untuk membeli perusahaan teknologi AS.

Tak hanya melakukan pembatasan investasi, The Wall Street Journal juga melaporkan bahwa Departemen Perdagangan AS dan Dewan Keamanan Nasional AS mengusulkan agar ada peningkatan pengawasan ekspor, khususnya untuk produk berbasis teknologi yang akan dikirim ke Cina. Detil aturan mengenai hal tersebut akan diumumkan oleh Gedung Putih pada 30 Juni mendatang.

Langkah Amerika ini semakin memperuncing perang dagang dengan Negeri Tirai Bambu tersebut. Sebelumnya, AS telah menaikkan tarif impor untuk sejumlah barang asal Cina.

Sementara itu, Cina sendiri saat ini tengah fokus dengan rencana pengembangan industri mereka dengan tagline Made in China 2025. Rencana pengembangan industri tersebut mencakup bidang teknologi informasi, aerospace, teknik maritim, farmasi, robotik dan sejumlah sektor industri berbasis teknologi lainnya.

Sumber : Reuters
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES