Sunday, 9 Zulqaidah 1439 / 22 July 2018

Sunday, 9 Zulqaidah 1439 / 22 July 2018

Terlibat Hubungan Asmara dengan Karyawan, Dirut Intel Mundur

Jumat 22 June 2018 06:32 WIB

Red: Nidia Zuraya

Dirut Intel Corp Brian Krzanic

Dirut Intel Corp Brian Krzanic

Foto: AP Photo/Richard Drew
Mundurnya Dirut Intel membuat harga saham perusahaan turun.

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- Direktur Utama Intel Corp Brian Krzanich mengundurkan diri pada Kamis (21/6). Pengunduran diri Krzanich dilakukan setelah hasil penyelidikan menemukan ia memiliki hubungan asmara dengan karyawan, yang melanggar kebijakan perusahaan itu.

Perkara kepala pembuat terbesar cip Amerika Serikat tersebut menjadi yang terbaru dalam barisan orang kuat dalam bisnis dan politik yang kehilangan pekerjaan atau mundur akibat hubungan asmara, yang dianggap tidak pantas. "Penyelidikan penasihat internal dan eksternal memastikan pelanggaran kebijakan hubungan di luar interaksi kerja Intel, yang berlaku untuk semua manajer," kata Intel dalam pernyataan.

Dewan perusahaan tersebut menunjuk Direktur Keuangan Robert Swan sebagai direktur utama sementara dan mengatakan mulai mencari sosok untuk direktur utama tetap, termasuk calon internal dan eksternal. Intel menolak memberikan informasi lebih lanjut tentang penyelidikan tersebut.

Saham Intel turun 1,5 persen pada awal perdagangan. Wall Street tidak terlalu terpengaruh dengan mundurnya Krzanic yang mendadak.

"Meskipun kami menghormati upaya Krzanich dalam mengarahkan strategi Intel dari komputer-sentris ke perusahaan data-sentris, kami memandang Intel sebagai perusahaan yang digerakkan oleh pengganti dari kandidat direktur utama yang dapat terus mendorong strategi perusahaan," kata Kevin Cassidy, seorang analis di Stifel.

Krzanich, 58, diangkat sebagai direktur utama Intel pada Mei 2013. Dia bertanggung jawab untuk memindahkan fokus perusahaan ke pusat data yang berkembang dari komputer pribadi. Saham Intel meningkat lebih dari dua kali lipat selama masa jabatannya.

Dia baru-baru ini dipuji karena menahan kebangkrutan dari pengungkapan beberapa celah keamanan dalam cip perusahaan yang dapat memungkinkan peretas mencuri data dari komputer, meskipun penjualan beberapa saham Intel sebelum kelemahannya diungkapkan kepada investor menimbulkan beberapa kritik.

"Tidak ada pembayaran baru sebagai bagian dari kemundurannya," kata sumber, yang mengetahui permasalahan perusahaan itu.

Pengganti sementara, Swan, menjadi direktur keuangan Intel sejak Oktober 2016. Dia sebelumnya menghabiskan sembilan tahun sebagai direktur keuangan eBay Inc.

Sumber : Antara/Reuters
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA