Tuesday, 15 Muharram 1440 / 25 September 2018

Tuesday, 15 Muharram 1440 / 25 September 2018

Studi Buktikan Mitos tentang Wirausahawan Muda

Ahad 20 May 2018 21:26 WIB

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Citra Listya Rini

Mark Zuckerberg.

Mark Zuckerberg.

Foto: EPA
Secara umum pendiri perusahaan yang mendekati usia paruh baya lebih mendominasi kesuksesan.

REPUBLIKA.CO.ID, MASSACHUSETTS  -- Banyak orang percaya perusahaan rintisan kerap digagas oleh wirausahawan muda berusia 20-an dengan energi dan ide tidak terbatas. Namun, studi membuktikan anggapan tersebut sesungguhnya hanya mitos.

Para pendiri perusahaan rintisan paling sukses ternyata lebih tua daripada yang selama ini dibayangkan. Fakta berdasarkan riset oleh Javier Miranda (Biro Sensus AS) dan Pierre Azoulay (Institut Teknologi Massachusetts).

Stereotip bahwa wirausahawan identik dengan anak muda agaknya dipengaruhi oleh kisah sukses CEO Facebook Mark Zuckerberg. Nyatanya, tidak semua wirausahawan menuai keberhasilan dengan waktu cepat.

Tim riset mengumpulkan data 2,7 juta pendiri perusahaan rintisan yang dibentuk di AS selama periode 2007 sampai 2014. Studi membandingkan usia pendiri dengan kondisi pertumbuhan dan kinerja perusahaan.

Secara umum pendiri perusahaan yang mendekati usia paruh baya lebih mendominasi kesuksesan. Sebanyak 0,1 persen perusahaan rintisan teratas di AS digagas oleh pendiri yang memulai usaha pada usia rata-rata 45 tahun.

Mereka yang memulai usaha pada kisaran usia 50 tahun 1,8 kali lebih sukses daripada yang berusia 30-an. Wirausahawan berumur 20 tahunan justru paling sedikit mempertahankan perusahaan dalam kondisi pertumbuhan yang baik.

Studi dimaksudkan untuk memperbarui pandangan tentang siklus pengusaha. Riset juga menunjukkan bahwa pengalaman kerja seseorang di bidang industri spesifik membuat perusahaan rintisannya berpeluang dua kali lipat tumbuh lebih baik seperti dikutip dari laman Business Insider.

 

 

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES

In Picture: Pencari Puing Waduk Jatigede (1)

Senin , 24 September 2018, 23:59 WIB