Thursday, 20 Muharram 1444 / 18 August 2022

Qurban 1443 H BMH Sasar Dai dan Masyarakat Pedalaman Penyintas Gempa Bumi

Sabtu 25 Jun 2022 13:11 WIB

Red: Irwan Kelana

Pada Idul Adha 1443 H, Laznas BMH mengajak umat Islam untuk menunaikan kurban yang membahagiakan dan memberdayakan dai serta masyarakat pedalaman., terutama yang terdampak gempa bumi seperti di daerah Kabupaten Halmahera Utara.

Pada Idul Adha 1443 H, Laznas BMH mengajak umat Islam untuk menunaikan kurban yang membahagiakan dan memberdayakan dai serta masyarakat pedalaman., terutama yang terdampak gempa bumi seperti di daerah Kabupaten Halmahera Utara.

Foto: Dok BMH
Sebanyak 2.600 KK di Kabupaten  Halmahera Utara akan menerima hewan qurban BMH.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA  -- Menyambut Idul Adha 1443 H,  BMH siap menguatkan dakwah dan memberdayakan dai serta masyarakat pedalaman. Satu titik yang akan jadi sasaran qurban BMH ialah Galela, Maluku Utara.

"Sebanyak 2.600 KK yang tersebar di 8 desa, se-Kecamatan Galela dan Galela Barat, Kabupaten  Halmahera Utara, akan bahagia menerima kiriman hewan qurban dari BMH dan para mudhohhi. Lokasi yang berada di pedalaman Indonesia Timur  itu  telah menjadi titik binaan dakwah para dai tangguh BMH. Melalui momentum Idul Adha,  mari kita kuatkan dan berdayakan dai dan masyarakat di sana," terang Direktur Utama BMH, Supendi, Kamis (23/6/2022).

Selain lokasi yang jauh, masyarakat di sana juga termasuk penyintas bencana gempa bumi pada pertengahan bulan Ramadhan, tepatnya  pada 18 April 2022 silam.

"Saat ini, sebagian warga masih menempati tenda pengungsian. Tertatih-tatih memenuhi kebutuhan makan sehari-hari. Sembari merawat sabar dan mengumpulkan semangat untuk bisa bangkit kembali pasca bencana," imbuh Supendi dalam rilis yang diterima Republika.co.id, Jumat (24/6/2022).

Ustadz Nur Hadi, dai tangguh BMH di Ternate  mengatakan,   hewan qurban sangat dinantikan sampai ke Galela. "Keberadaan qurban pada Hari Raya Idul Adha ini akan menguatkan ikatan silaturahim dan pembinaan masyarakat pedalaman. Selain juga dapat memberdayakan peternak lokal di sana. Semoga masyarakat dapat tersenyum bahagia pada Idul Adha tahun ini," ungkapnya penuh harap.

Oleh karena itu Supendi mengajak umat Islam untuk menunaikan qurban yang membahagiakan dan memberdayakan dai serta masyarakat pedalaman.  "Mari melalui ibadah qurban,  kita berikan perhatian dan dukungan  konkret masyarakat pedalaman dengan membeli sapi dan kambing dari warga terdampak gempa di Halmahera Utara ini, dan sekaligus menyalurkan daging qurbannya bagi warga di lokasi terdampak. Tentu saja juga ke daerah pedalaman lainnya di seluruh Indonesia," tutupnya.

Silakan akses epaper Republika di sini Epaper Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA