Friday, 2 Zulhijjah 1443 / 01 July 2022

Berjihad dengan Qurban di Bumi Syam

Sabtu 21 May 2022 17:02 WIB

Red: Christiyaningsih

Aman Palestin Indonesia setiap tahunnya memiliki program Kurban di Bumi Para Nabi.

Aman Palestin Indonesia setiap tahunnya memiliki program Kurban di Bumi Para Nabi.

Foto: Aman Palestin
Aman Palestin Indonesia setiap tahunnya memiliki program Qurban di Bumi Para Nabi

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG - Aman Palestin Indonesia setiap tahunnya memiliki program Kurban di Bumi Para Nabi (KDBPN). Seperti yang kita ketahui, berqurban adalah satu di antara ibadah yang disukai dan dimuliakan oleh Allah SWT yang dilakukan sebagai simbol rasa syukur dengan cara berbagi daging kurban pada sesama.

Ibadah qurban juga memiliki manfaat bagi mereka yang mampu. Berqurban tak hanya menjadi momen berbagi, Namun dengan berqurban kita telah membersihkan harta dari yang bukan hak kita sekaligus menyucikan jiwa dari penyakit hati, seperti pelit dan dengki.

Baca Juga

Keutamaan berkurban juga dapat meningkatkan ketakwaan, menambah amal kebaikan, syiar agama, tanda bersyukur, hingga upaya mengagungkan hari tasyrik. Selain itu Aman Palestin juga ingin mengedukasi anak-anak sejak dini mengenai ibadah qurban melalui program Sedekah Qurban.

“Sebagaimana ibadah-ibadah lain yang harus dibiasakan sejak kecil, alangkah baiknya jika anak-anak dididik berkurban sejak kecil. Salah satu caranya adalah dengan menyediakan satu celengan khusus untuk buah hati kita. Katakan kepadanya bahwa celengan tersebut harus diisi setiap hari dan pada Idul Adha akan dibuka dan dibelikan hewan qurban atas namanya. Kalau jumlahnya belum mencukupi untuk membeli hewan qurban, kita bisa mengarahkan buah hati kita untuk bersedekah qurban,” ujar Direktur Aman Palestin Indonesia Ustaz Miftahuddin Kamil.

Aman Palestin Indonesia mengadakan program kurban di Bumi Para Nabi ini dengan maksud dan tujuan meringankan penderitaan saudara kita di Bumi Syam, di mana kita ketahui bahwa peperangan dan konflik di Palestina, Libanon, dan Yaman masih berkecamuk hingga saat ini. Aman Palestin berharap dengan adanya program Berqurban di Bumi Para Nabi melalui daging yang akan didistribusikan langsung disana akan meringankan penderitaan mereka.

Bagi kita yang mengurbankan hewan qurban melalui program ini akan mendapat pahala dan keberkahan yang berlipat karena sudah meringankan penderitaan saudara kita di Bumi Para Anbiya. Dalam perjalanannya menjalankan program ini, Aman Palestin telah berhasil merealisasikan Qurban di Bumi Syam selama 16 tahun.

Di Indonesia program ini telah berjalan sejak tahun 2017 lalu. Dengan menjadi perantara yang menyediakan hewan qurban yang sehat dan memiliki kualitas terbaik yang salah satunya bertempat di Al-Quds dan Gaza, Aman Palestin berhasil membuat masyarakat di sana bisa merasakan kebahagiaan di hari Raya Idul Adha setiap tahunnya.

Tiga tahun terakhir Aman Palestin berhasil mendistribusikan hasil qurban ke beberapa daerah. Pada 2019 di Palestina, Aman Palestin menyembelih 104 ekor sapi dan 271 ekor kambing. Daerah pembagiannya meliputi Jalur Gaza (62 ekor sapi dan 181 ekor kambing), Yerusalem (19 ekor sapi dan 5 ekor kambing), dan Hebron (23 ekor sapi dan 85 ekor kambing).

Jumlah rakyat Palestina yang mendapat manfaat paket qurban sebanyak 120 ribu orang. Mereka terdiri dari rakyat miskin, anak yatim, para janda, serta korban perang. Di Bumi Syam lainnya, sekitar 50 ekor sapi dan 91 ekor kambing dikurbankan dengan daerah pembagian meliputi kemah pengungsi Suriah (20 ekor sapi dan 91 ekor kambing) yang berada di daerah Aarsal, Bar Elias (Beqaa), Akkar dengan jumlah penerima manfaat sebanyak 9.900 orang.

Sedangkan di kemah pengungsi Palestina di Libanon, Aman Palestin menyembelih 30 ekor sapi dan dibagikan di kawasan Tyr (Sour), Beqaa, Saidah, Beirut dengan jumlah penerima manfaat sebanyak 5.400 orang. Secara keseluruhan, sebanyak 15.300 orang merupakan pengungsi Palestina dan Suriah.

"Selama pandemi berlangsung, Alhamdulillah donatur masih tetap percaya menitipkan kurbannya pada Aman Palestin," kata Ustaz Miftahuddin.

Di tahun 2020, qurban sebanyak 142 ekor sapi dan 429 ekor kambing berhasil didistribusikan di Palestina. Di Suriah, Aman Palestin menyembelih 37 ekor sapi dan 408 ekor kambing. Sementara di Libanon, Aman Palestin menyembelih 91 ekor sapi dan 153 ekor kambing.

Di Yaman Aman Palestin juga menyembelih 80 ekor sapi dan 570 ekor kambing. Tidak hanya itu, Aman Palestin juga berhasil membantu saudara-saudara muslim di Bangladesh yang menjadi korban konflik yang tak kunjung reda dengan menyembelih 12 ekor sapi dan satu ekor kambing.

Kemudian di Palestina pada tahun 2021 lalu Aman Palestin menyembelih titipan kurban para donatur sebanyak 85 ekor sapi dan 304 ekor domba di kota Gaza. Selain itu disembelih pula 16 ekor sapi serta 50 ekor domba di Yerusalem dan 22 ekor sapi dan 185 ekor domba di Tepi Barat.

 

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA