Friday, 2 Zulhijjah 1443 / 01 July 2022

Donatur RS Qatar Charity Apresiasi Kebermanfaatan RS Wakaf Dompet Dhuafa

Kamis 19 May 2022 08:56 WIB

Red: Hiru Muhammad

Qatar Charity Foundation sebagai lembaga amal non-pemerintah Qatar telah melakukan sinergi filantropi bersama Dompet Dhuafa. Di Kabupaten Bogor, tepatnya di Kampung Jampang, Kecamatan Kemang, terintegrasi dengan RS Rumah Sehat Terpadu Dompet Dhuafa, Qatar Charity dan Dompet Dhuafa memiliki Rumah Sakit wakaf produktif yang telah beroperasi sejak tahun 2020 lalu.

Qatar Charity Foundation sebagai lembaga amal non-pemerintah Qatar telah melakukan sinergi filantropi bersama Dompet Dhuafa. Di Kabupaten Bogor, tepatnya di Kampung Jampang, Kecamatan Kemang, terintegrasi dengan RS Rumah Sehat Terpadu Dompet Dhuafa, Qatar Charity dan Dompet Dhuafa memiliki Rumah Sakit wakaf produktif yang telah beroperasi sejak tahun 2020 lalu.

Foto: istimewa
Hingga saat ini RS Qatar Charity telah melayani 8.798 orang pasien penerima manfaat

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR--Qatar Charity Foundation sebagai lembaga amal non-pemerintah Qatar telah melakukan sinergi filantropi bersama Dompet Dhuafa. Di Kabupaten Bogor, tepatnya di Kampung Jampang, Kecamatan Kemang, terintegrasi dengan RS Rumah Sehat Terpadu Dompet Dhuafa, Qatar Charity dan Dompet Dhuafa memiliki Rumah Sakit wakaf produktif yang telah beroperasi sejak tahun 2020 lalu.

Pada Ahad (15/5/2022), pihak Qatar Charity serta donatur mengunjungi RS Qatar Charity sekaligus menyapa para penerima manfaat dan pengunjung yang datang.  Kunjungan diawali dengan meninjau pintu masuk penerimaan pengunjung dan pasien di gedung RS RST Dompet Dhuafa, kemudian berlanjut menyusuri lorong-lorong rumah sakit hingga menuju ke gedung RS Qatar Charity.

Baca Juga

Selanjutnya tim Dompet Dhuafa mengajak pihak Qatar Charity menyusuri ruangan-ruangan yang ada di gedung RS Qatar Charity seraya menjelaskan fungsi serta manfaatnya bagi para penerima manfaat aset-aset wakaf yang ada. Beberapa kali, pihak Qatar Charity melontarkan sapaan kepada para tenaga medis untuk mengetahui lebih detail manfaat setiap alat wakaf yang ada. Kunjungan kemudian dilanjutkan dengan diskusi mengenai manfaat lebih lanjut aset wakaf kesehatan Qatar Charity bagi umat. 

Direktur Pelayanan Medis RS Qatar Charity drg. Rima, MARS menjelaskan, sejak dibukanya pelayanan dan penanganan kesehatan di RS Qatar Charity, hingga saat ini RS Qatar Charity telah melayani sebanyak 8.798 pasien penerima manfaat dari kaum dhuafa dan yang membutuhkan. Para penerima manfaat tersebut tidak hanya datang dari warga sekitar rumah sakit saja, melainkan juga beberapa dari luar daerah. 

Tidak sebatas memberikan pengobatan gratis pada saat ada yang sakit saja, seperti halnya juga yang dilakukan oleh RS RST Dompet Dhuafa, RS Qatar Charity memperluas manfaat dengan berbagai layanan lainnya. Di antaranya dengan memberikan layanan advokasi kesehatan, layanan medis yang komprehensif, teknologi medis paling mutakhir, dan layanan medis berjalan yaitu dokter datang ke rumah pasien. 

"Seperti harapan kita semua sejak akan dibangunnya rumah sakit ini, semua pasien dhuafa yang datang ke RS Qatar Charity tidak perlu mengeluarkan uang sama sekali dalam artian gratis atau cuma-cuma," ucap drg. Rima menegaskan. 

General Manager Wakaf Dompet Dhuafa Bobby P Manullang turut menambahkan, aset wakaf baik bangunan rumah sakit maupun alat-alat medis yang ada di dalamnya, diintegrasikan dengan dana-dana zakat, infaq dan sedekah secara produktif. Dengan begitu para pasien dhuafa yang datang ke rumah sakit wakaf ini mendapatkan pengobatan dan pelayanan kesehatan secara gratis. Menurutnya, Dompet Dhuafa akan terus berupaya untuk mengembangkan rumah sakit ini sehingga akan semakin banyak masyarakat dhuafa yang terbantu. 

Menanggapi atas berjalannya operasional RS Qatar Charity dengan sangat baik, serta manfaat yang begitu nyata dirasakan oleh masyarakat, Salman Hussain Abdul-Ridha Al-Shaknani selaku donatur Qatar Charity, memberikan apresiasi yang tinggi kepada Dompet Dhuafa. Ia berharap Dompet Dhuafa dapat terus istiqomah menjalankan amanah ini. "Kami sangat senang rumah sakit ini mampu memberikan banyak manfaat bagi orang-orang dhuafa yang kesulitan mendapatkan akses kesehatan. Semoga akan terus memberikan manfaat dan semakin luas," ujarnya.

 

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA