Monday, 24 Rajab 1442 / 08 March 2021

Monday, 24 Rajab 1442 / 08 March 2021

Baznas Riau Targetkan Kumpulkan Zakat Rp 17 M Tahun Ini

Jumat 22 Jan 2021 23:00 WIB

Red: Ani Nursalikah

Baznas Riau Targetkan Kumpulkan Zakat Rp 17 M Tahun Ini

Baznas Riau Targetkan Kumpulkan Zakat Rp 17 M Tahun Ini

Foto: Republika/ Tahta Aidilla
Baznas sudah menggunakan sistem digital dalam melayani penghimpunan zakat.

REPUBLIKA.CO.ID, RIAU -- Baznas Riau menargetkan pengumpulan zakat 2021 sebesar Rp17 miliar guna mendukung upaya percepatan pengentasan kemiskinan di daerah ini.

"Target sebesar itu diharapkan bisa terkumpul dengan dukungan sarana dan prasarana dengan harapan semoga pandemi Covid-19 cepat berlalu sehingga Baznas Riau bisa menghimpun zakat sebesar 20 persen dari masyarakat seiring harapan membaiknya pertumbuhan ekonomi di daerah ini," kata Wakil Ketua I Baznas Riau Muhammad Erwin, Jumat (22/1).

Target itu diharapkan dapat tercapai sebab Baznas sudah menggunakan sistem digital dalam melayani penghimpunan zakat. "Baznas Pusat juga sudah membuat kerja sama, sehingga masyarakat bisa juga membayar zakatnya di Pengadaian yang ditempatkan di Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Baznas yang juga sudah mulai menerima zakat dari para muzaki di luar PNS," katanya.

Baca Juga

PNS di lingkungan Pemerintah Provinsi Riau sudah berzakat di Baznas Provinsi Riau kendati belum mencapai 100 persen. Namun, Baznas tetap memberi pemahaman terhadap Kepala Dinas terkait untuk bisa meningkatkan zakat dari jumlah Pengumpulan OPD dan non OPD.

Organisasi Perangkat Daerah (OPD) semuanya sudah mempunyai Unit Pengumpul Zakat (UPZ) namun masih belum optimal dan masih belum maksimal. Memang terdapat satu tempat yang OPDnya sangat besar dan karyawannya sangat besar namun masih belum mau membayar zakatnya ke Baznas.

"Kami berharap dengan adanya Instruksi gubernur Riau untuk mengembangkan zakat di Provinsi Riau ini khususnya untuk PNS, sehingga tidak ada hambatan lagi jika ada ASN yang tidak berkenan dan bersedia karena memang itu merupakan kewajiban," katanya.

Selain itu, juga berupaya memperbanyak secara masif menggarap potensi zakat dari perusahaan-perusahaan sawit dan pedagang sawit Riau.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA