Tuesday, 25 Rajab 1442 / 09 March 2021

Tuesday, 25 Rajab 1442 / 09 March 2021

Baznas-DD Kolaborasi Peringati Hari Guru

Rabu 25 Nov 2020 15:17 WIB

Rep: rossi handayani/ Red: Hiru Muhammad

Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) dan Dompet Dhuafa (DD) berkolaborasi memperingati Hari Guru Nasional (HGN) melalui kanal Youtube Baznas TV pada Rabu (25/11). Kolaborasi antar dua lembaga zakat ini dilakukan sebagai bentuk apresiasi terhadap guru di seluruh Indonesia, dengan mengangkat tema

Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) dan Dompet Dhuafa (DD) berkolaborasi memperingati Hari Guru Nasional (HGN) melalui kanal Youtube Baznas TV pada Rabu (25/11). Kolaborasi antar dua lembaga zakat ini dilakukan sebagai bentuk apresiasi terhadap guru di seluruh Indonesia, dengan mengangkat tema

Foto: istimewa
Situasi pandemi covid-19 turut berdampak pada guru, terutama dari segi ekonomi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) dan Dompet Dhuafa (DD) berkolaborasi memperingati Hari Guru Nasional (HGN) melalui kanal Youtube Baznas TV pada Rabu (25/11). Kolaborasi antar dua lembaga zakat ini dilakukan sebagai bentuk apresiasi terhadap guru di seluruh Indonesia, dengan mengangkat tema "Berkualitas meskipun Terbatas".

"Peringatan Hari Guru Dompet Dhuafa bekerja sama dengan Baznas tidak hanya sekedar berbicara seremoni. Sejak beberapa minggu Baznas dan Dompet Dhuafa membuat kolaborasi berbagai macam kegiatan, semacam amal kebaikan, gerakan kebaikan untuk para guru," kata Direktur Pendidikan Dompet Dhuafa, M. Syafi'ie El Bantanie pada Rabu.

Dia mengatakan, situasi pandemi covid-19 turut berdampak pada guru, terutama dari segi ekonomi. Untuk itu kedua lembaga ini melakukan aksi bersama untuk membantu para guru, terutama untuk membantu para tenaga pendidik yang berada di daerah terpencil.

"Mudah-mudahan menjadi pemantik, pemicu untuk lebih baik, memperhatikan para guru di Nusantara, mereka pendidik Indonesia, maka akan melahirkan generasi terbaik," kata dia.

M. Syafi'ie mengatakan, bantuan yang diberikan kepada guru tidak hanya dalam bentuk materi. Namun juga hal lain yang bersifat capacity building, ini dianggap jauh lebih penting diberikan kepada guru. Bantuan materi tetap disampaikan dalam bentuk alat penunjang pembelajaran di masa pandemi covid-19, bekerja sama dengan para stakeholder.

Di samping itu, Kepala Divisi Pendistribusian Baznas, Ahmad Fikri mengatakan, dalam situasi pandemi para guru memiliki tantangan sendiri untuk tetap bisa mengajar anak didiknya. Mereka tetap berusaha dengan gigih untuk dapat melewati tantangan yang dialami saat ini.

"Banyak media yang meliput kegiatan mereka. Kita perlu kolaborasi lebih lanjut agar mereka bisa kita bantu," kata Ahmad.

Adapun Baznas RI yang diwakili oleh Lembaga Beasiswa Baznas bersama Dompet Dhuafa yang diwakili oleh DD Pendidikan berkolaborasi memperingati Hari Guru Nasional 2020 dengan mengadakan berbagai kegiatan perlombaan melalui kanal media sosial seperti Instagram dan Facebook.

Lomba tersebut diantaranya Ucapan Terima Kasih Kepada Guru oleh orang tua siswa sekolah dasar (SD), Siswa SMP-SMA dan lomba video guru Heroik yang dapat diikuti oleh seluruh peserta di seluruh Indonesia. Pembukaan lomba dilakukan pada Selasa (3/11) dan batas pengunggahan karya pada Selasa (17/11). Kemudian dilanjut tahap penjurian dan pengumuman pada puncak rangkaian kegiatan pada 25 November 2020.

Rangkaian kegiatan HGN 2020 terdiri atas beberapa bagian, diantaranya adalah berbagai kategori perlombaan, Mini Konser, Video Teaser dan Puncak HGN 2020. Diharapkan dengan sinergi ini dapat menjadi jembatan untuk mensyiarkan zakat lebih luas lagi, terutama pada bidang pendidikan.

 

 

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA