Tuesday, 16 Rabiul Akhir 1442 / 01 December 2020

Tuesday, 16 Rabiul Akhir 1442 / 01 December 2020

LAZ Harfa, Madania, Dan MTT Foundation Gagas Desa Harapan

Jumat 23 Oct 2020 15:46 WIB

Red: Ichsan Emrald Alamsyah

LAZ Harapan Dhuafa bersinergi dengan Amal Terbaik Madania, Muslim Tarqiyah Taqwa Foundation (MTTF) menggagas Desa Harapan Madani di Desa Mekarjaya, Kec. Cileles, Lebak, Banten.

LAZ Harapan Dhuafa bersinergi dengan Amal Terbaik Madania, Muslim Tarqiyah Taqwa Foundation (MTTF) menggagas Desa Harapan Madani di Desa Mekarjaya, Kec. Cileles, Lebak, Banten.

Foto: LAZ Harapan Dhuafa
Laz Harfa menggagas desa Harapan Madani di Lebak Banten

REPUBLIKA.CO.ID, LEBAK -- Penyebaran wabah Covid-19 yang belum mereda, bukan menjadi halangan untuk terus bergerak memberdayakan masyarakat, terutama mereka yang tinggal jauh di pelosok desa agar terwujud masyarakat yang mandiri, terutama dibidang ekonomi dan kesehatan.

LAZ Harapan Dhuafa bersinergi dengan Amal Terbaik Madania, Muslim Tarqiyah Taqwa Foundation (MTTF) menggagas Desa Harapan Madani di Desa Mekarjaya, Kec. Cileles, Lebak, Banten. Ini merupakan salah satu bentuk program pemberdayaan masyarakat berbasis potensi lokal. "Disaat Covid seperti ini alhamdulilah masih ada orang-orang yang mau memberi ilmu dan memotivasi kami sehingga lebih mengerti mengenai protokol kesehatan. Program ini sangat luar biasa," ungkap Juhdi, Kepala Desa Mekarjaya.

Dalam meningkatkan kesehatan masyarakat di desa, diawali dengan kegiatan menggunakan pendekatan Community Led Total Sanitation (CLTS). Teknis CLTS dimulai dengan menyadarkan masyarakat desa ini tentang kaitannya antara BAB di tempat terbuka dan penyakit-penyakit yang menyebar melalui air. 

H. Rapei selaku Kepala Puskesmas Cileles mengungkapkan bahwa masih banyak masyarakat desa Mekarjaya yang masih BAB sembarangan karena tidak mempunyai jamban sendiri. "Tidak semua masyarakat di sini memiliki jamban. Jadi, harapannya, Desa Mekarjaya ini dapat menjadi desa ODF (Bebas BAB sembarangan) dan bisa menjadi contoh bagi desa-desa yang lain,". 

Disisi lain, masyarakat juga didorong untuk terlibat dalam pembangunan SAB (Sarana Air Bersih) dan MCK Umum. "Kami hadir di sini bersama ATM dan MTTF untuk melakukan pemberdayaan dibidang ekonomi dan kesehatan. Untuk sementara ini kami baru fokus di Kp. Binong dan Kp. Wuluku dengan didampingi oleh para pendamping desa. Di sini nanti akan dibangun SAB, pemberdayaan ekonomi, dan ada kegiatan spiritual untuk mendekatkan anak-anak dengan Al-Qur'an," ucap Indah Prihanande, Direktur Utama LAZ Harapan Dhuafa. 

Program Desa Harapan Madani diharapkan dapat menjadi salah satu solusi yang mendukung terwujudnya kesejahteraan masyarakat desa sehingga dapat tersebar secara menyeluruh di Desa-desa yang lainnya.

"Terimakasih atas kolaborasi LAZ Harfa, Amal Terbaik Madania, dan MTTF semoga dapat menjadi jalan untuk mewujudkan masyarakat yang Madani" ucap Lidya, Perwakilan Amal Terbaik Madania.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA