Jumat 15 May 2020 22:14 WIB

ACT-Zakat Sukses Luncurkan 'Humanity Care Line'

Program dari ACT dan Zakat Sukses ditujukan kepada masyarakat terdampak pandemi.

Rep: Rusdy Nurdiansyah/ Red: Hasanul Rizqa
Aksi Cepat Tanggap (ACT) Depok dan LAZ Zakat Sukses meluncurkan program Humanity Care Line di Kota Depok, Jumat (15/5). Program ini memberikan bantuan bagi masyarakat Kota Depok yang terdampak pandemi Covid-19.
Foto: Republika/Rusdy Nurdiansyah
Aksi Cepat Tanggap (ACT) Depok dan LAZ Zakat Sukses meluncurkan program Humanity Care Line di Kota Depok, Jumat (15/5). Program ini memberikan bantuan bagi masyarakat Kota Depok yang terdampak pandemi Covid-19.

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Lembaga kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap (ACT) Cabang Depok dan lembaga amil zakat (LAZ) Zakat Sukses meluncurkan program bertajuk Humanity Care Line di Kota Depok, Jawa Barat. Melalui program ini, kedua belah pihak menyalurkan bantuan kepada masyarakat kota setempat yang terdampak pandemi Covid-19.

Kepala Cabang ACT Depok Gunawan M Aji mengatakan, setiap hari sedikitnya 250 hingga 500 paket beras rutin dikirim ke Kodim 0508/Depok. Itu dijadikan sebagai salah satu lokasi penampungan beras hasil lumbung wakaf ACT.

Baca Juga

"Penyaluran beras 5 kilogram ini per hari mampu menjangkau hingga 500 keluarga terdampak," kata Aji dalam jumpa pers di Kota Depok, Jawa Barat, Jumat (15/5).

Menurut Gunawan, program ini sejalan dengan fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Depok, untuk mengupayakan membantu kebutuhan masyarakat terdampak Covid-19.

"Kami berharap Pemerintah Kota (Pemkot) Depok berkenan segera ikut serta mendukung dan bersinergi dalam program Humanity Care Line ini," terangnya.

Sejauh ini, lanjut Gunawan, pihaknya sudah mencoba mengajak Pemkot Depok sebagaimana tagline kami #BersamaSelamatkanBangsa.

"Saya mengingat sinergi dan dukungan ini juga telah dicontohkan oleh Pemerintah DKI Jakarta dalam memberikan solusi bagi masyarakat yang terdampak kelaparan dan kemiskinan," tuturnya.

Direktur Zakat Sukses, Sunarto Zulkifli mengatakan, perlunya program nafas panjang, karena satu lembaga sendirian tentu akan merasa berat, untuk itulah kemudian kolaborasi ini dibentuk.

"Zakat Sukses terpanggil untuk support program ACT dalam program Humanity Care Line ini agar dapat menjangkau kebutuhan masyarakat Kota Depok yang lebih luas lagi. Kolaborasi akan saling menguatkan bukan melemahkan. Terlebih kita belum tahu secara pasti kapan pandemi Covid-19 ini akan berakhir," pungkasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement