Thursday, 14 Safar 1442 / 01 October 2020

Thursday, 14 Safar 1442 / 01 October 2020

Serukan dengan Permainan Edukatif Zakat Game

Senin 21 May 2018 06:35 WIB

Red: Friska Yolanda

Permainan edukatif Zakat game

Permainan edukatif Zakat game

Foto: Dok IZI
Zakat tidak hanya dibayarkan saar jelang Idul Fitri.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Banyak studi dan penelitian yang memprediksi potensi zakat yang dibisa dihasilkan di Tanah Air. Para pakar memperkirakan, potensi dana yang bisa dihasilkan melalui zakat berkisar antara Rp 100 triliun hingga Rp 200 triliun. Penghimpunan zakat berjumlah demikian dengan penanganan Amil Zakat yang profesional akan membuahkan solusi untuk menstabilkan perekonomian umat di Indonesia.

Namun, perlu edukasi secara berlanjut kepada masyarakat untuk menumbuhkan kesadaran dalam berzakat. Semisal, zakat yang diketahui pada umumnya adalah salah satu rukun Islam yang wajib ditunaikan oleh kaum Muslimin. Selain itu, wawasan masyarakat mengenai zakat hanya sebatas ditunaikan ketika menjelang Hari Raya Idul Fitri (seperti halnya zakat fitrah), sementara masih banyak jenis zakat yang sebenarnya harus ditunaikan (apabila mencapai nisab) seperti zakat mal, zakat profesi, zakat peternakan, zakat perniagaan, zakat tabungan, zakat pertanian, zakat sewa aset dan zakat emas dan perak.

Karenanya, dalam rangka edukasi dan meningkatkan kesadaran pentingnya berzakat, Lembaga Amil Zakat Nasional (LAZNAS) Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) menginisiasi suatu permainan yang bernama Zakat Game. Karena seperti yang kita ketahui bahwa gim merupakan salah satu media yang mudah sekali diterima oleh semua kalangan. Sehingga ketika para pemain terus menerus bermain, tanpa sadar mereka pun sedang belajar mengenai zakat.

Permainan Zakat Game yang diinisiasi oleh seorang Guru Besar Universitas Sains Islam Malaysia (USIM), Prof Azman Abdurrahman. Permainan ink merupakan sarana edukasi masyarakat sekaligus solusi untuk memperluas wawasan masyarakat mengenai zakat.
Hingga kini sudah ribuan masyarakat Indonesia turut memainkan permainan edukatif Zakat Game melalui berbagai kegiatan, baik di sekolah, universitas, lembaga, perusahaann serta komunitas.

Permainan Zakat Game telah teruji mampu dimainkan oleh berbagai kalangan, dimulai dari siswa sekolah dasar hingga dewasa. Hingga kini, Inisiatif Zakat Indonesia masih terus mengadakan roadshow Zakat Game kapan pun dan di mana pun. Bagi yang ingin mengikuti permainan edukatif Zakat Game, dapat langsung menghubungi Tim Roadshow Zakat Game Nurul Fitri Fauziah (0859 2075 7626) dan Ricky Hafidz (0857 100 400 13 - Whatsapp).

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA