Thursday, 14 Safar 1442 / 01 October 2020

Thursday, 14 Safar 1442 / 01 October 2020

Ngabuburit, IZI Salurkan Paket Ramadhan untuk Warga Kalibaru

Sabtu 19 May 2018 10:02 WIB

Red: Friska Yolanda

IZI salurkan paket Ramadhan untuk warga Kalibaru.

IZI salurkan paket Ramadhan untuk warga Kalibaru.

Foto: IZI
Ada 100 paket yang diberikan kepada masyarakat dhuafa di wilayah itu.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Di Indonesia kebiasaan menunggu waktu berbuka puasa sudah menjadi tradisi yang biasa disebut dengan istilah 'ngabuburit'. Itu juga yang dilakukan LAZNAS Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) di salah satu lokasi Kampung Ramadhan 2018, yakni Kelurahan Kalibaru, Kecamatan Cilincing, Kota Administratif Jakarta Utara. 

Sejumlah acara dilakukan, di antaranya Kajian Keislaman, Pembacaan Quran bersamaan (Tadarus), serta penyalur bantuan Paket Ramadhan kepada warga Dhuafa. Kegiatan ini disambut antusias oleh warga.
Mustofa Mukhlis, Ketua RT 12 Kalibaru, mengungkap rasa syukurnya atas terpilihnya wilayah Kalibaru untuk dijadikan lokasi Kampung Ramadhan. Di sini, ada 300 Kepala Keluarga dengan total 1.724 warga. Pihaknya mengimbau kepada para warga untuk memaksimalkan sajian program yang diberikan oleh IZI selama bulan Ramadhan.
"Kami bersyukur karena IZI telah memilih Kalibaru yang khususnya berada di lingkungan saya untuk dijadikan lokasi Kampung Ramadhan. Jadi teruntuk semua warga RT 12 saya mengajak supaya aktif mengisi bulan ramadhan dengan program yang sudah disiapkan oleh IZI." ujar Mustofa di Masjid RT 12 Kalibaru, Jumat (18/5).
Mukhlis mengaku telah menyeleksi berbagai kategori warga yang layak untuk diberi bantuan yang dalam hal ini berupa Paket Ramadhan. Ada 100 paket yang diberikan kepada masyarakat dhuafa di wilayah itu.
"Sengaja kami sebelumnya memberikan data warga dengan telat karena kami telah menyeleksi warga yang betul-betul miskin. Kami merasa tidak enak bila menyalurkan bantuan dari IZI tapi ternyata warga tersebut hanya ngaku-ngaku miskin yang di rumahnya punya banyak handphone canggih. Oleh karenanya semoga IZI ke depan semakin maju dan berkah," tambahnya.
Menanggapi hal tersebut, Direktur Pendayagunaan IZI, Nana Sudiana menegaskan pihaknya telah memetakan dan memilih lokasi Kampung Ramadhan di kawasan yang benar-benar terkategori terluar, terdepan dan terbelakang.
"Kita masih sering melihat warga yang tak miliki tempat tinggal, bahkan lebih dari itu, untuk jalani kehidupannya saja bisa dikatakan memprihatinkan," jelasnya.
Ia meminta warga memanfaatkan secara maksimal paket Ramadhan yang diberkan IZI. "Kami tak lupa untuk selalu didoakan agar amanah dalam bekerja, semakin dipercaya oleh masyarakat dan terus meningkat dalam penghimpunannya sehingga kami bisa terus melanjutkan program besar seperti ini kepada Dhuafa," kata Nana.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA