Selasa 13 Apr 2021 04:51 WIB

Rumah Vokasi Fasilitasi Pelatihan Masyarakat Desa

Rumah vokasi ini sasarannya masyarakat desa yang belum memiliki ketrampilan

Program Rumah Vokasi Pelatihan Pangkas Rambut yang dilaksanakan di Aula Nurul Iman Kampung Parakanpanjang, Desa Sukamanah, Kecamatan Cigalontang, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat Kamis (8/4).
Foto: istimewa
Program Rumah Vokasi Pelatihan Pangkas Rambut yang dilaksanakan di Aula Nurul Iman Kampung Parakanpanjang, Desa Sukamanah, Kecamatan Cigalontang, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat Kamis (8/4).

REPUBLIKA.CO.ID, TASIKMALAYA--Program Rumah Vokasi Pelatihan Pangkas Rambut yang dilaksanakan di Aula Nurul Iman Kampung Parakanpanjang, Desa Sukamanah, Kecamatan Cigalontang, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat Kamis (8/4).

Program Rumah Vokasi ini merupakan salah satu program yang diinisiasi Rumah Zakat yang bertujuan untuk memberikan pelatihan keterampilan kepada masyarakat desa guna menunjang keterampilannya memasuki ke dunia kerja. Sasarannya sendiri adalah masyarakat desa yang belum memiliki keterampilan dan pekerjaan sehingga harapannya dengan diberikannya pelatihan keterampilan ini dapat membantu masyarakat dalam mencari kerja atau bahkan bisa menciptakan lapangan kerja sendiri. Tentunya agar bisa membantu perekonomiannya juga.

Acara hari ini dihadiri Hermansyah selaku Pimpinan Program di Rumah Zakat dan dihadiri juga aparat pemerintah desa Sukamanah yang diwakili  Ir. Yayan Suryana sebagai Kesra, Perwakilan Karang Taruna desa, Trainer dan juga peserta pelatihan pangkas rambut.

Sambutan pertama datang dari pimpinan pesantren Nurul Iman ustad Nanang Iskandar, S.Ag. "Keterampilan itu penting agar menjadi manusia produktif yang memiliki keahlian karena keahlian merupakan hal yang penting agar berdaya," ucapnya.

Sambutan ke dua diberikan oleh Hermansyah yang mewakili Rumah Zakat. "Program Rumah Vokasi merupakan program pemberian pelatihan keterampilan di beberapa desa. Upaya kolaborasi dan partisipasi aktif peserta pelatihan dalam program ini agar mandiri berdikari dan berdaya. Rumah Zakat akan berupaya melanjutkan program dan harapan berjalan dan berkembang," tuturnya.

Sambutan berikutnya datang dari Ir. Yayan Suryana sebagai perwakilan dari desa. "Dengan adanya program pemberdayaan melalui program Rumah Vokasi merupakan terobosan baru dalam pemberdayaan di Desa Sukamanah khususnya dan pihak pemerintah desa, kami ucapakan terima kasih dan siap kolaborasi,"katanya.

Kegiatan dilanjutkan dengan pemberian apron dan masker sebagai simbolis dan dilanjutkan dengan gunting pita di lokasi pelatihan nantinya. Acara potong tumpeng pun diadakan sebagai penutup di kegiatan peresmian program Rumah Vokasi. Semoga program ini bisa berjalan sesuai dengan harapan. Tujuan agar masyarakat bisa berdaya dapat tercapai.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement