Monday, 7 Ramadhan 1442 / 19 April 2021

Monday, 7 Ramadhan 1442 / 19 April 2021

Ricemill Binaan Rumah Zakat Sudah Beroperasi

Kamis 04 Mar 2021 04:01 WIB

Red: Hiru Muhammad

Penggilingan Padi (Ricemill) “Arto Lumintu” adalah salah satu unit usaha dari KUBE Petani Berdaya binaan Rumah Zakat yang sudah beroperasi dan berada di desa Berdaya Manggungsari, Kecamatan Weleri, Kabupaten Kendal Jawa Tengah.  Pendirian Ricemill ini tidak lepas dari support UPZ Permata Bank Syariah melalui program ekonomi berupa bantuan modal yang digulirkan Kepada penerima manfaat yang tergabung dalam KUBE Petani Berdaya di desa Berdaya Manggungsari, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah.

Penggilingan Padi (Ricemill) “Arto Lumintu” adalah salah satu unit usaha dari KUBE Petani Berdaya binaan Rumah Zakat yang sudah beroperasi dan berada di desa Berdaya Manggungsari, Kecamatan Weleri, Kabupaten Kendal Jawa Tengah. Pendirian Ricemill ini tidak lepas dari support UPZ Permata Bank Syariah melalui program ekonomi berupa bantuan modal yang digulirkan Kepada penerima manfaat yang tergabung dalam KUBE Petani Berdaya di desa Berdaya Manggungsari, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah.

Foto: Rumah Zakat
Pendirian ricemill telah disiapkan sejak awal untuk menekan biaya produksi beras

REPUBLIKA.CO.ID,KENDAL--Penggilingan Padi (Ricemill) “Arto Lumintu” adalah salah satu unit usaha dari KUBE Petani Berdaya binaan Rumah Zakat yang sudah beroperasi dan berada di desa Berdaya Manggungsari, Kecamatan Weleri, Kabupaten Kendal Jawa Tengah.  Pendirian Ricemill ini tidak lepas dari support UPZ Permata Bank Syariah melalui program ekonomi berupa bantuan modal yang digulirkan Kepada penerima manfaat yang tergabung dalam KUBE Petani Berdaya di desa Berdaya Manggungsari, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah.

Wartono selaku Fasilitator Desa Berdaya di desa tersebut menyampaikan bahwa pendirian Ricemill tersebut sudah direncanakan sejak awal oleh kelompok untuk menekan biaya produksi beras. Selain itu dirinya juga mengatakan bahwa pendrian Ricemill ini diharapkan akan bisa mambah pendapatan kelompok melalui jasa penggilingan padi kepada masyarakat yang ingin nyelip (giling padi). ”Alhamdulillah, berkat bantuan modal yang digulirkan UPZ Permata Bank Syariah akhirnya Ricemill ini bisa berdiri dan sudah mulai beroperasi.” Ujarnya, Senin (22/2).

Tidak hanya itu, Wartono juga berharap setelah semua unit bisa berjalan dengan baik dan kelihatan hasilnya, dirinya mendorong agar segera dibentuk BUMMAs agar masing-maisng unit bisa terkontrol dengan baik. Sampai saat ini KUBE Petani Berdaya baru mempunyai 3 dari 5 unit usaha yang direncanakan. Tiga yang sudah ada tersebut diantaranya unit usaha budidaya padi, distributor/penjualan beras, penggilingan padi.

Adapun sisanya yaitu unit usaha Koperasi etani dan agrowisata sektor pertanian yang masih dalam tahap perencanaan menunggu modal lagi. Sutekno selaku ketua KUBE Petani Berdaya merasa senang kerena salah satu unit usaha yang direncakan bisa terealisasi berkat bantuan modal yang digulirkan oleh UPZ PermataBank Syariah.

Dirinya dan teman-temannya yang juga sebagai penerima manfaat berjanji akan mengoptimalkan yang sudah ada agar mampu meningkatkan penghasilannya. Selain itu Sutekno juga berharap unit yang belum terealisasi agar segera bisa terealisasi. ”Semoga harapan dan cita-cita dari semua pihak yang telah membantu kami termasuk UPZ Permata Bank Syariah dan Rumah Zakat bisa terealisasikan, sehingga mampu mengangkat perekonomian kami melalui usaha ini. Terimakasih UPZ PermataBank Syariah dan Rumah Zakat.” katanya.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA