Jumat 30 Oct 2020 05:15 WIB

Alasan Komedian Chappelle Bersyahadat: Ingin Hidup Bermakna

Komedian Amerika Serikat Dave Chappelle menemukan makna hidup dalam Islam

Rep: Fuji E Permana/ Red: Nashih Nashrullah
Komedian Amerika Serikat Dave Chappelle menemukan makna hidup dalam Islam
Foto: Youtube.com
Komedian Amerika Serikat Dave Chappelle menemukan makna hidup dalam Islam

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK – Komedian papan atas Amerika Serikat, Dave Chappelle, mengungkapkan momen yang menyebabkannya memeluk Islam. Dia juga menceritakan pengalamannya di sumur Zamzam di Arab Saudi dalam wawancara pekan ini.

Chappelle (47 tahun) ditanyai tentang menjadi seorang Muslim oleh pembawa acara bincang-bincang terkemuka David Letterman di acara Netflix barunya bernama ‘Tamu Saya Berikutnya Tidak Perlu Dikenal’.

Chappelle mengatakan berpindah keyakinan ke Islam terjadi pada usia 17 tahun, ketika dia tinggal di Washington DC, di seberang jalan dari sebuah toko pizza dengan yang memiliki karyawan Muslim.

“Saya akan mengajukan pertanyaan kepadanya tentang agamanya dan pria itu sangat bersemangat tentangnya, itu sangat menarik. Saya menyukai perspektif Islam dan saya pikir hal-hal ini menginformasikan keputusan saya bahwa saya ingin memiliki kehidupan yang bermakna, kehidupan spiritual,” kata Chappelle dilansir dari Alarabiyah, Kamis (29/10).

 

Chappelle bisa dibilang salah satu stand-up comedian paling berbakat di Amerika Serikat (AS). Dia juga seorang aktor dan produser yang baru-baru ini membintangi film ‘A Star is Born’. 

Chappelle mengatakan bahwa cara Islam ditampilkan di ruang publik di Amerika Serikat adalah pandangan yang sempit dan meremehkan keyakinan agama.

“Padahal itu (Islam) adalah agama yang indah. Dan ide-ide dalam agama itu tercermin dalam semua agama Ibrahim yang utama. Kalian akan melihat ide-ide ini dalam agama Kristen dan Yudaisme,” katanya.  

Chappelle juga menjelaskan mengunjungi sumur suci Zamzam di Arab Saudi, terletak sekitar 20 meter dari Kabah di Makkah. 

Dalam Islam, itu dikenal sebagai sumur tempat malaikat Jibril mengeluarkan air dari bawah tanah untuk menyegarkan istri Nabi Ibrahim, Hajar dan putra mereka Ismail yang kehabisan makanan dan air.  

Chappelle yang putra pertamanya bernama Ibrahim, mengatakan sumur itu adalah sumber kenikmatan baginya.  

“Hal yang menyenangkan saya tentang itu adalah gagasan bahwa semua ini berasal dari satu sumber. Bahwa sumber ini pada akhirnya baik, dan meskipun kami mungkin tidak memahami maksud dari sumber ini, kami semua terhubung,” kata Chappelle. 

Sumber: https://english.alarabiya.net/en/variety/2020/10/28/US-comedian-Dave-Chappelle-on-conversion-to-Islam-visit-to-Saudi-Arabia-Zamzam-well   

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement