Tuesday, 14 Zulhijjah 1441 / 04 August 2020

Tuesday, 14 Zulhijjah 1441 / 04 August 2020

Deddy Corbuzier: Setelah Masuk Islam Saya Lebih Tenang

Rabu 08 Jul 2020 06:18 WIB

Red: Karta Raharja Ucu

Deddy Corbuzier mengaku pernah mengikuti ceramah Aa Gym saat non-Muslim

Deddy Corbuzier mengaku pernah mengikuti ceramah Aa Gym saat non-Muslim

Foto: Dok Istimewa
Deddy sering ikut kajian Aa Gym sebelum masuk Islam.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presenter kenamaan Indonesia Deodatus Andreas Deddy Cahyadi Sunjoyo atau lebih dikenal sebagai Deddy Corbuzier bercerita kepada pendiri Pondok Pesantren Daarut Tauhid, KH Abdullah Gymnastiar atau Aa Gym soal kehidupan religinya. Deddy menyebut setelah masuk Islam, banyak hal positif yang menaungi dirinya sekarang.

"Setelah masuk Islam saya merasa lebih tenang, lebih senang, lebih banyak hal baik yang didapat sih," ujar Deddy, Ahad (5/7).

Aa Gym yang menjadi teman berbincang Deddy dan disiarkan langsung lewat Youtube, turut senang dengan penjalanan spiritual Deddy. Aa Gym menyampaikan pesan kepada Deddy bahwa hal penting dalam hidup adalah tiga sikap toleran yang sudah dilakukan yakni menjadi contoh, kedua, menyerukannya dengan cara yang hikmah dan terakhir mendoakan.

Aa Gym menyebut Islam adalah merupakan rahmat untuk seisi alam. Perkara hidayah menurut Aa Gym merupakan urusan Allah. Deddy pun langsung menambahkan bahwa Aa Gym tidak pernah meminta atau menyuruh dirinya untuk menjadi mualaf.

“Nah itu yang menarik, karena Aa tidak pernah meminta saya ataupun menyuruh saya menjadi mualaf. Tidak pernah kata-kata itu keluar dari mulut Aa sama sekali,” ujar Deddy.

Deddy juga mengakui sering ikut kajian dai asal Bandung yang juga pendiri Pondok Pesantren Daarut Tauhid, KH Abdullah Gymnastiar atau Aa Gym. Deddy mengaku senang ikut pengajian Aa Gym.

“Banyak orang yang gak tau, sejak 15 sampai 20 tahun yang lalu, saat saya masih non-Muslim, saya suka ikut pengajian dan dengar ceramah Aa Gym di Jakarta. Hal itu bikin saya senang," ujarnya.

Yang menarik menurut Deddy, Aa Gym sangat menyambut baik para nonmuslim yang ikut dalam kajian. Ia menceritakan sebuah pengalaman ketika melaksanakan shalat, Aa Gym menunjuk dirinya dan mempersilakan untuk istirahat ketika itu.

Deddy mengaku bingung ketika Aa Gym menyebut kedatangannya dalam kajian merupakan hal yang baik. “Islam itu rohmatanlilalamin, membawa rahmat seisi alam. Islam hadir bukan hanya untuk umat Islam saja, siapa pun bukan hanya manusia untuk pohon, binatang, dan seluruh isi alam ini,” ujarnya.

Deddy menyebut hal tersebutlah yang membuatnya menilai Islam sangatlah toleransi dan luar biasa. Ia juga sangat bertanya-tanya mengapa Islam sangat menjunjung tinggi toleransi. Aa Gym kemudian menjelaskan mengapa Islam memiliki sikap tersebut.

“Sikap toleran yang diajarkan agama Islam ada tiga. Pertama menjadi contoh membantu orang, oh ini Islam lewat perilaku. Kedua, menyerukannya dengan cara yang hikmah dan dengan cara yang baik. Dan, yang ketiga mendoakan, karena membolak-balikkan hati seseorang itu hanya Allah yang bisa, bukan manusia lain," kata Aa Gym.

Deddy Corbuzier resmi menjadi mualaf pada Jumat, 21 Juni 2019. Ia mengucap dua kalimat syahadat dibimbing oleh sahabatnya Gus Miftah.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA