Saturday, 11 Safar 1443 / 18 September 2021

Saturday, 11 Safar 1443 / 18 September 2021

Masjid Cheraman Juma di Kerala, Peninggalan dari Masa Nabi

Ahad 26 Jul 2015 21:39 WIB

Rep: c38/ Red: Damanhuri Zuhri

Muslim India

Muslim India

Foto: Reuters

REPUBLIKA.CO.ID, KODUNGALLUR -- Memasuki pusat kota Kerala, 30 kilometer sebelah utara Kochi, Anda akan menemukan sebuah tempat ibadah yang bersejarah bagi umat Muslim India.

Masjid Cheraman Juma, yang oleh para misionaris dikenal dengan sebutan Cranganore, adalah masjid tertua di anak benua India. Masjid ini berasal dari masa Nabi Muhammad SAW pada 629 Masehi, dibangun oleh Malik Ibnu Dinar, seorang tabiin yang meriwayatkan sejumlah hadits dari Anas bin Malik.

Dilansir dari The Times of India, Ahad (26/7), masjid ini membuktikan dua fakta. Pertama, Islam datang ke India jauh sebelum Mughal datang dari wilayah barat laut. Kedua, masuknya Islam ke India berlangsung secara damai tanpa perlawanan berarti.

Masjid ini berdiri kokoh bersama dua landmark Kodungallur lain. Yang pertama, Gereja Saint Thomas, yang konon dibangun oleh Rasul (merujuk pada salah satu dari dua belas murid Yesus) sekitar tahun 52 Masehi. Gereja itu memiliki beberapa peninggalan suci dari masa lalu.

Landmark lain ialah Kuil Bhagavathy Cheran dari penguasa Chenguttavan. Kuil ini dikenal juga sebagai Vel Kelu Kuttuvan yang konon berasal dari sekitar 150 M. Masyarakat India memiliki tradisi sinkretisme yang kuat. Ada sejumlah legenda mengelilingi masjid Cheraman Juma ini.

Banyak non-Muslim yang mengadakan Vidhyarambham, atau upacara pendidikan bagi anak-anak mereka di masjid ini. Sementara, selama Ramadhan, tawaran berbuka sering diberikan komunitas non-Muslim di masjid Cheraman Juma. 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA