Saturday, 28 Safar 1444 / 24 September 2022

MUI: Almarhum Habib Zen bin Smith Selalu Hormat ke Siapapun

Kamis 11 Aug 2022 07:11 WIB

Rep: Fuji E Permana/ Red: Muhammad Hafil

MUI: Almarhum Habib Zen Selalu Hormat ke Siapapun. Foto:   Habib Zen bin Smith.

MUI: Almarhum Habib Zen Selalu Hormat ke Siapapun. Foto: Habib Zen bin Smith.

Foto: Yasin Habibie/Republika
Habib Zen Bin Umar Bin Smith meninggal dunia.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Bidang Pendidikan dan Kaderisasi, KH Abdullah Jaidi, mengucapkan Innalillahi Wa Inna Ilaihi Raji'un. MUI ikut berduka cita atas wafatnya Habib Zen Bin Umar Bin Smith yang menjabat Ketua Dewan Syuro Rabithah Alawiyah.

"Semoga beliau (Habib Zen Bin Umar Bin Sumaith) dirahmati oleh Allah SWT, diampuni segala dosa-dosanya, dilipatgandakan amal kebaikannya, semoga keluarga Habib Zen Bin Umar Bin Sumaith yang ditinggalkan diberi ketabahan iman dan kesabaran oleh Allah SWT di dalam menghadapi ujian ini," kata Kiai Jaidi saat dihubungi Republika, Rabu (10/8/2022)

Baca Juga

Kiai Jaidi menyampaikan, mengenal Habib Zen sejak masih kecil di daerah Pekalongan. Sejak kecil pernah bersama-sama sekolah di Ma'had Islam. Bahkan sering sholat di masjid bersama dengan Habib Zen.

Kemudian, Kiai Jaidi dan Habib Zen berpisah. Habib Zen meneruskan pendidikan di Jakarta, sementara Kiai Jaidi menempuh pendidikan di luar negeri. Sampai Kiai Jaidi kembali ke Jakarta, mereka berdua tetap merajut hubungan persaudaraan yang luar biasa.

"Banyak kenangan yang kami perhatikan, beliau (Habib Zen) adalah orang yang baik, orang yang santun, orang yang sangat bersaudara kepada siapapun, beliau selalu hormat dan selau menjaga hubungan baik, itu pengalaman yang kami rasakan selama pergaulan kami sejak kecil sampai saat beliau berpulang ke Rahmatullah," ujar Kiai Jaidi.

Kiai Jaidi mengatakan, kenangan yang luar biasa ini tidak bisa hilang dalam ingatan. Karena persahabatan ini dimulai sejak di daerah Pekalongan, sering ibadah bersamanya di masjid, sampai di tengah kancah kehidupan bermasyarakat dan berorganisasi di Jakarta.

Habib Zen di akhir hayatnya menjabat sebagai anggota Dewan Pertimbangan MUI. Ini adalah sebuah kenangan bersama.

"Kami melihat sosok beliau adalah sosok panutan, teladan yang patut ditiru dan patut diteladani oleh generasi yang sesudahnya dalam menata toleransi, kebersamaan  dalam kehidupan dan perjuangan keumatan ini, kami ikut berduka atas wafatnya beliau, kami saksikan beliau adalah orang baik," kata Kiai Jaidi.

Sebelumnya, Rabithah Alawiyah menyampaikan, Innalillahi Wa Inna Ilaihi Raji'un atas wafatnya Ketua Dewan Syuro Rabithah Alawiyah, Habib Zen bin Umar bin Sumaith pada Rabu (10/8/2022). Seluruh pengurus Rabithah Alawiyah menyatakan duka mendalam atas wafatnya sosok yang telah memberikan banyak contoh, ilmu, dan sumbangsih pada perkembangan keumatan, khususnya pada keluarga besar alawiyyin.

"Innalillahi Wa Inna Ilaihi Raji'un duka mendalam bagi Rabithah Alawiyah atas wafatnya Ketua Dewan Syuro kami Habib Zen Bin Umar Bin Sumaith. Atas nama organisasi kami memohon doa dari masyarakat agar almarhum mendapat tempat terbaik di sisi Allah SWT," dalam pernyataan resmi Rabithah Alawiyah, Rabu (10/8/2022).

Rabithah Alawiyah menyampaikan, almarhum Habib Zen Bin Umar Bin Sumaith rencananya akan dimakamkan pada Kamis (11/8/2022). Semoga amal dan pengabdian almarhum mendapat tempat terbaik di sisi Allah SWT. Serta keluarga yang ditinggalkan mendapat kekuatan.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA