Saturday, 12 Rabiul Awwal 1444 / 08 October 2022

Umat Non-Muslim pun Terlibat Sukseskan MTQ ke-29 Provinsi Sulawesi Tenggara

Rabu 10 Aug 2022 21:55 WIB

Red: Nashih Nashrullah

Suasana lomba MTQ (ilustrasi). Umat beragama di Sultra turut mendukung pelaksanaan MTQ ke-29 tingkat provinsi

Suasana lomba MTQ (ilustrasi). Umat beragama di Sultra turut mendukung pelaksanaan MTQ ke-29 tingkat provinsi

Foto: Republika/Agung Supriyanto
Umat beragama di Sultra turut mendukung pelaksanaan MTQ ke-29 tingkat provinsi

REPUBLIKA.CO.ID, KENDARI— Seluruh umat beragama dan paguyuban se-Sulawesi Tenggara (Sultra) mendukung penuh pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-29 Tingkat Provinsi, mulai 10 hingga 16 Agustus 2022 di Kota Kendari.

"MTQ kali ini menjadi hal yang baru karena diikuti seluruh umat beragama dalam arti memberikan dukungan, termasuk paguyuban yang ada di Sultra," kata Kepala Biro Kesra Pemprov Sultra, Yusmin, selaku ketua panitia MTQ Provinsi, di Kendari, Rabu (10/8/2022).

Baca Juga

Menurut Yusmin, MTQ tingkat provinsi ini, akan menjadi proyek percontohan Sulawesi Tenggara dan Nasional karena disamping sebagai ajang prestasi yang bernilai ibadah, namun juga bernilai seni, sebab diawali dengan Pawai Etno Religi berupa kendaraan hias dan paguyuban dari berbagai suku budaya di Sultra .

Sementara itu, Ketua Umum masyarakat Toraja Indonesia Sultra, Effendy Patulak, mewakili umat Kristiani, menyampaikan apresiasi kepada pemerintah provinsi yang telah mengundang untuk berpartisipasi aktif dalam pelaksanaan MTQ tingkat provinsi.

"Kami sangat berterima kasih dan mengapresiasi kegiatan MTQ kali ini, dan mungkin ini baru pertama kali di Indonesia melibatkan seluruh umat beragama dan paguyuban," ujar Effendy Patulak, yang juga Pejabat Kadis Sosial Sultra.

Ditempat yang sama, perwakilan kerukunan masyarakat Bali Sultra I Gede Panca menilai, pelaksanaan MTQ kali ini merupakan hal baru, karena melibatkan semua etnis dan umat beragama, sehingga makin memperkokoh toleransi dan keberagaman.

"Kami atas nama masyarakat Bali sangat mendukung MTQ tingkat Sultra ini, sehingga kami menurunkan sejumlah paguyuban untuk berpartisipasi meramaikan Pawai Etno religi,? ujar I Gede Panca yang juga mantan Pj Kadis Pariwisata Sultra itu.

Kegiatan MTQ ke-29 Tingkat Provinsi Sultra, berpusat di beberapa tempat, antara lain di hotel Azizah, Masjid Raya Al Kautsar, Kantor LPMP, dan kantor Kanwil Kemenag Provinsi Sultra.     

 

sumber : Antara
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA