Monday, 10 Muharram 1444 / 08 August 2022

Sholat Idul Adha Tingkat Kota Sukabumi Kemungkinan Besar di Lapang Merdeka

Rabu 06 Jul 2022 15:54 WIB

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Agung Sasongko

Sholat Idul Adha (ilustrasi)

Sholat Idul Adha (ilustrasi)

Foto: Republika/Dea Alvi Soraya
Ada sayrat yang harus dipenuhi dalam pelaksanaan di lapangan Merdeka.

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Pelaksanaan Sholat Idul Adha tingkat Kota Sukabumi kemungkinan besar akan diselenggarakan di Lapang Merdeka, Kota Sukabumi. Namun pelaksanaanya diharapkan dapat tetap menjaga keberadaan lintasan lari di sarana tersebut yang harus diperhatikan.

''Kami telah menggelar rapat PHBI (panitia hari besar Islam-red) terkait pelaksanan Sholat Idul Adha dengan mengundang berbagai unsur,'' ujar Kabag Kesra Setda Kota Sukabumi Herman Permana, Rabu (6/7/2022). Disepakati untuk tempat Sholat Idul Adha tingkat kota semua peserta rapat ingin dilaksanakan di Lapang Mardeka sebagai alternatif pertama dan alternatif kedua Masjid Agung Kota Sukabumi.

Baca Juga

Namun pelaksanaan di Lapang Merdeka dengan syarat yang dipenuhi karana ada lintasan rubber dari karet harus berhati-hati. Ketika dipastikan dilakukan di Lapang Merdeka, maka disampaikan kalau di Lapang Merdeka tidak memakai sepatu hak tinggi dan tidak merokok di lintasan itu.

Menurut Herman, rapat juga menetapkan imam dan khotib Sholat Idul Adha. Selain itu ada unsur keamanan melibatkan polres, dishub dan Satpol PP.

''Untuk hewan qurban, dari pemerintah disampaikan kepada instansi yayasan, organisasi kecamatan, kelurahan, DLH, lembaga pemasyarakatan dan panti asuhan serta tukang becak dan delman,'' cetus Herman. Khusus kurban yang dikelola Masjid Agung dilakukan di kecamatan yang sudah ditunjuk lokasinya untuk menjaga kondusivita dan mencegah kerumunan.

Jumlah hewan qurban di Masjid Agung sebanyak 5 ekor sapi dan 14 ekor kambing atau domba. Selanjutnya di kecamatan dua ekor domba dan kelurahan 1 ekor domba.n riga nurul iman

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA