Sabtu 28 May 2022 16:01 WIB

Khofifah Kenang Buya Syafii Maarif Sebagai Intelektual Kharismatik

Khofifah mengagumi pemikiran Buya Syafii Maarif.

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Muhammad Hafil
Khofifah Kenang Buya Syafii Maarif Sebagai Intelektual Kharismatik. Foto:   Presiden Joko Widodo (kanan) berjalan di dekat peti berisi jenazah Almarhum Buya Syafii Maarif saat melayat di Masjid Gedhe Kauman, Yogyakarta, Jumat (27/05/2022). Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah Tahun 1998-2005, Buya Syafii Maarif wafat pada Jumat (27/5/2022) pukul 10.15 WIB di RS PKU Muhammadiyah Gamping, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) karena sakit.
Foto: ANTARA/Andreas Fitri Atmoko
Khofifah Kenang Buya Syafii Maarif Sebagai Intelektual Kharismatik. Foto: Presiden Joko Widodo (kanan) berjalan di dekat peti berisi jenazah Almarhum Buya Syafii Maarif saat melayat di Masjid Gedhe Kauman, Yogyakarta, Jumat (27/05/2022). Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah Tahun 1998-2005, Buya Syafii Maarif wafat pada Jumat (27/5/2022) pukul 10.15 WIB di RS PKU Muhammadiyah Gamping, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) karena sakit.

REPUBLIKA.CO.ID,SURABAYA -- Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyampaikan duka cita mendalam atas wafatnya Ketua Umum PP Muhammadiyah periode 1998-2005, Prof Dr. K.H. Ahmad Syafii Maarif di RS PKU Muhammadiyah Gamping, Jumat (27/5/2022). Khofifah mengatakan, duka atas meninggalnya Buya Syafii Maarif tentu dirasakan seluruh masyarakat Indonesia, mengingat yang bersangkutan merupakan salah satu putra terbaik bangsa.

Khofifah mengaku sangat mengagumi berbagai karya dan pemikiran yang dilahirkan Buya Syafii Maarif. Buya Syafii Maarif, kata Khofifah, merupakan intelektual dan ulama kharismatik serta cendekiawan bangsa. Selain mendirikan Maarif Institute, Buya Syafii Maarif juga pernah menjabat sebagai Presiden World Conference on Religion for Peace (WCRP).

Baca Juga

"Beliau merupakan sosok inspiratif. Selain menjadi Guru Besar di IKIP Yogyakarta, melalui gagasan beliau yang dituangkan dalam tulisan mengenai Islam dan kebangsaan beliau melahirkan ide-ide cemerlang yang dapat menjadi pembelajaran dan referensi kehidupan sosial keagamaan serta kebangsaan bagi kita semua," kata Khofifah di Surabaya, Jumat (27/5/2022).

Khofifah mengenang banyaknya nilai-nilai keteladanan yang ia dapatkan dari sosok Buya Syafii Maarif. Ia menyebut karakter-karakter yang menonjol dalam diri Buya Syafii Maarif, yakni pembawaannya yang luwes dan tidak membeda-bedakan orang, sehingga merangkul semua golongan. Khofifah mengaku sangat mengagumi Buya Syafii Maarif sebagai seorang yang rendah hati dan bersahabat.

 

"Kami warga Jawa Timur mengapresiasi dan berterima kasih atas karya-karya dan kajian yang disampaikan oleh Buya Syafii semasa hidup. Kabar duka ini merupakan kabar duka bagi seluruh bangsa Indonesia termasuk masyarakat Jawa Timur," ujar Khofifah.

Khofifah pun instruksikan Masjid Al-Akbar Surabaya untuk melaksanakan sholat Ghoib setelah Shalat Jum'at untuk Buya Syafii Maarif. Menurut Khofifah, hal ini merupakan cara mengantar dan menghormati kepergian Buya Syafii Maarif.

"Saya mengajak warga Jawa Timur dan bangsa Indonesia untuk memberikan doa pada almarhum Buya Syafii. Kita mengantar dengan Fatihah serta dengan Shalat Ghoib," kata Khofifah.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement