Thursday, 8 Zulhijjah 1443 / 07 July 2022

Seminar Kaji Syekh Yusuf Makassari Hadirkan Narasumber dari 4 Negara

Selasa 24 May 2022 23:02 WIB

Red: Nashih Nashrullah

(ilustrasi) Gambar Syekh Yusuf al-Makassari. Syekh Yusuf Makassari dikenal sebagai ulama tersohor hingga Afrika

(ilustrasi) Gambar Syekh Yusuf al-Makassari. Syekh Yusuf Makassari dikenal sebagai ulama tersohor hingga Afrika

Foto: tangkapan layar youtube
Syekh Yusuf Makassari dikenal sebagai ulama tersohor hingga Afrika

REPUBLIKA.CO.ID, MAKASSAR— Universitas Islam Negeri (UIN) Makassar akan menggelar Seminar Internasional Syekh Yusuf dengan menghadirkan narasumber dari empat negara yang kompeten di bidangnya.

Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Alauddin Makassar Dr Firdaus Muhammad di Makassar, Selasa (24/3/2022), mengatakan seminar internasional ini akan menghadirkan berbagai narasumber dari berbagai negara dan ribuan peserta seminar yang dilakukan secara hibrida di kampus UIN pada 16 Juni 2022.

Baca Juga

"Seminar internasional ini adalah tindak lanjut dari pembicaraan kami bersama Pak Bupati Gowa sejak 2020 sebelum Covid-19. Alhamdulillah, ini bisa segera terlaksana atas komitmen Bapak Bupati Gowa," ujarnya.

Firdaus menjelaskan seminar internasional ini akan mengulas tentang pahlawan nasional yakni Syekh Yusuf yang mana juga menjadi pahlawan nasional di Afrika Selatan.

Bukan cuma dalam bentuk seminar, Pemerintah Kabupaten Gowa akan menjamu para tamu dan melakukan pendampingan pada tur kota (city tour) dengan mengunjungi beberapa tempat bersejarah.

Firdaus mengaku, kegiatan ini akan dihadiri seluruh Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi seluruh Indonesia dan menghadirkan narasumber dari empat negara dan empat dari Indonesia seperti Prof Nabilah Lubis yang memiliki kompetensi berbicara mengenai Syekh Yusuf.

Adapun pembicara dari Afrika Selatan yakni Mohammad Fows Hendrich, Yusuf Khalid dari Brunei Darussalam, Asemeh Ghasemi dari Iran dan Adul Leesen dari Bangkok, Thailand.

"Kegiatan ini dirangkaikan dengan Munas Forum Dekan Dakwah se-Indonesia dan diikuti para Wakil Dekan dan Ketua Jurusan sekitar 200 orang ditambah para dosen dan ribuan mahasiswa UIN Alauddin Makassar sehingga kegiatan seminar tersebut akan diikuti seribu orang," ujarnya.

Dia berharap melalui kegiatan ini akan membuka cakrawala dan pengetahuan, khususnya para mahasiswa untuk mengkaji ulama-ulama lokal dan membangun kesadaran kesejarahan mengenai ulama.

"Tujuan kami ini sebenarnya untuk membuka pengetahuan para mahasiswa mengenai ulama-ulama yang ada, salah satunya Tuanta Salamaka Syekh Yusuf," ujarnya.

Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan mengapresiasi rencana pelaksanaan Seminar Internasional Syekh Yusuf yang dilaksanakan Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar pada Kamis, 16 Juni 2022 mendatang.

Adnan menilai kegiatan ini sangat baik dilakukan untuk memperkenalkan sejarah Tuanta Salamaka Syekh Yusuf yang dikenal sebagai pahlawan dari dua negara yakni Indonesia dan Afrika.

"Tentu kami mengapresiasi, apalagi ini sudah kami bicarakan bersama sejak awal 2020 sebelum pandemi dan akhirnya bisa terlaksana. Insya Allah, kami akan hadir sekaligus memberikan sambutan dan memfasilitasi city tour di tempat-tempat bersejarah di Kabupaten Gowa salah satunya di Makam Syekh Yusuf," ucapnya.     

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA