Monday, 11 Zulqaidah 1442 / 21 June 2021

Monday, 11 Zulqaidah 1442 / 21 June 2021

14 Ormas Islam Minta OKI-Liga Arab Bersatu Lawan Israel

Senin 17 May 2021 16:47 WIB

Rep: Muhyiddin/ Red: Nashih Nashrullah

Lembaga Persahabatan Ormas Islam LPOI menilai Israel layak dihukum. Israel meluncurkan ratusan roket ke wilayah Gaza.

Lembaga Persahabatan Ormas Islam LPOI menilai Israel layak dihukum. Israel meluncurkan ratusan roket ke wilayah Gaza.

Foto: AP Photo/Hatem Moussa
Lembaga Persahabatan Ormas Islam LPOI menilai Israel layak dihukum.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Organisasi gabungan 14 ormas Islam, Lembaga Persahabatan Ormas Islam (LPOI) meminta kepada negara-negara anggota Organisasi Kerja Sama Islam (OKI), dan Liga Arab untuk bersatu melawan kebiadaban Zionis Israel terhadap bangsa Palestina.

LPOI juga meminta kepada kedua organisasi dunia tersebut untuk menuntut atas semua kejahataan yang dilakukan tentara Israel.  

Baca Juga

"LPOI meminta kepada negara-negara anggota OKI dan Liga Arab untuk bersatu padu melawan semua kejahatan Zionis Israel, dan menuntutnya ke International Criminal Court (ICC) atas semua kejahatan kemanusiaan yang dilakukan terhadap warga Palestina selama ini," ujar Ketua Umum LPOI Prof KH Said Aqil Siroj dalam keterangan tertulis yang diterima Republika.co.id, Senin (17/5).  

Selain itu, LPOI juga mengutuk keras agresi tentara Israel terhadap Masjid al-Aqsha pada Ramadhan yang telah mengakibatkan 285 jamaah sholat Tarawih mengalami luka-luka.

Kiai Said menilai, serangan tersebut telah menodai kesucian tempat ibadah sekaligus mempertunjukkan pelanggaran terhadap prinsip-prinsip hukum internasional dalam Piagam PBB, terutama keputusan UNESCO tahun 2016 yang menetapkan Masjid al-Aqsha sebagai situs suci umat Islam. 

"Mendesak kepada PBB agar segera mengambil tindakan nyata berupa sanksi yang keras terhadap Zionis Israel untuk menghormati hukum internasional. Dalam hal ini, PBB harus menempatkan pasukan perdamaian untuk melindungi tempat ibadah dan HAM warga Palestina dari kekejaman Zionis Israel," ucap Kiai Said. 

Di samping itu, Kiai Said juga memberikan apresiasi kepada Pemerintah Republik Indonesia yang telah dengan sungguh-sungguh dan konsisten memainkan peran penting dalam membantu perjuangan rakyat dan bangsa Palestina, termasuk penyelesaian konflik Palestina-Israel, serta memutuskan hubungan Diplomatik dengan Zionis Israel.  

"Menyerukan kepada seluruh umat Islam di NKRI dan umat Islam di seluruh dunia untuk memanjatkan doa kepada Allah SWT bagi keselamatan Masjid al-Aqsha dan jamaahnya dari serangan Zionis Israel," katanya.  

Kiai Said memberikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada semua komunitas aktivis, LSM dalam bidang kemanusiaan, media massa, dan kekuatan masyarakat Indonesia yang selama ini juga telah ikut berperan proaktif melakukan aksi kemanusiaan membela rakyat Palestina. 

"LPOI senantiasa mendukung perjuangan rakyat Palestina untuk meraih kemerdekaannya dari penjajahan Zionis Israel, sesuai dengan Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945. Di samping itu, mengajak seluruh umat Islam di Indonesia untuk memboikot seluruh produk-produk barang dan jasa buatan Zionis Israel yang beredar di Indonesia," kata Kiai Said menjelaskan.    

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA