Thursday, 3 Ramadhan 1442 / 15 April 2021

Thursday, 3 Ramadhan 1442 / 15 April 2021

Bencana di Awal Tahun, Wapres: Tawakal dan Terus Berdoa

Selasa 19 Jan 2021 21:30 WIB

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Esthi Maharani

Wakil Presiden Maruf Amin

Wakil Presiden Maruf Amin

Foto: KIP/Setwapres
Kepada para penyitas bencana Wapres meminta agar tawakal dan terus berdoa

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Wakil Presiden Ma'ruf Amin menyampaikan empati dan duka cita mendalam atas terjadinya bencana di Tanah Air di awal tahun ini. Wapres mendoakan agar korban yang meninggal diterima di sisi Tuhan yang Maha Esa.

Wapres juga berharap keluarga korban serta masyarakat yang terdampak bencana tetap semangat, bersabar dan selalu bertawakal.

"Kepada para penyitas bencana Wapres meminta agar tawakal, dan terus berdoa, semoga bencana segera berlalu," kata Ma'ruf melalui akun instagram resminya @kyai_marufamin, Selasa (19/1).

Ma'ruf mengatakan pemerintah akan selalu hadir bersama masyarakat dan bergotong royong meringankan beban masyarakat yang terdampak bencana. Wapres meminta BNPB, Kementerian sosial dan pemerintah daerah terkait agar mengutamakan evakuasi korban.

Termasuk menyiapkan penampungan baik tenda darurat, maupun gedung-gedung milik pemerintah daerah sebagai tempat penampungan sementara. Begitu pun logistik, usahakan secepatnya terpenuhi

"Saya mengingatkan agar dalam kondisi darurat seperti ini, masing-masing pihak untuk bekerjasama, saling membantu dan menguatkan," katanya.

Apalagi, kata Ma'ruf, di awal 2021 Indonesia mendapat ujian ratusan bencana, sebagaimana data Badan Penanggulangan Bencana Nasional (BNPB) pada 1-16 Januari 2021, terjadi 136 bencana alam di berbagai penjuru negeri. Bencana alam yang mendominasi adalah bencana hidrometeorologi.

Peristiwa banjir sebanyak 95 kejadian, tanah longsor 25 kejadian, puting beliung 12 kejadian, gempa bumi 2 kejadian dan gelombang pasang 2 kejadian.

"Korban yang ditimbulkannya pun cukup besar: 80 korban jiwa, 858 orang luka-luka, dan sebanyak 405.584 orang terdampak dan mengungsi," katanya.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA