Sunday, 4 Jumadil Akhir 1442 / 17 January 2021

Sunday, 4 Jumadil Akhir 1442 / 17 January 2021

Tip Mengajar Anak Belajar Ngaji Ala Serial Religi Jadi Ngaji

Sabtu 03 Oct 2020 10:39 WIB

Red: Reiny Dwinanda

Serial religi Jadi Ngaji tayang di GoPlay.

Serial religi Jadi Ngaji tayang di GoPlay.

Foto: GoPlay
'Jadi Ngaji' merupakan serial religi pertama di GoPlay.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Aktor Shandy William kebagian berperan sebagai guru ngaji bernama Lukman Ibrahim dalam serial religi GoPlay Jadi Ngaji. Lukman digambarkan sebagai pemuda yang pernah nyantri, namun belakangan kecanduan game dan terlilit utang dari rentenir bersama kawan-kawannya.

Ketika meminta bantuan ayahnya yang seorang ustadz untuk melunasi utang, Lukman pun dihadapkan pada syarat khusus: harus mau mengajar ngaji. Berikut tiga metode yang dipakai Lukman dalam mengajar murid-murid Taman Pendidikan Alquran (TPA):

1. Kenalkan huruf hijaiyah lewat video

Untuk anak, berkenalan dengan ke-29 huruf hijaiyah tak mudah dan relatif memakan waktu yang cukup lama. Sebagai jalan keluar, Lukman mengajari mereka sembari menonton konten video. Dia mengajak muridnya mengenali huruf dengan nyanyian.

2. Gunakan gaya bahasa santai

Baca Juga

Lukman yang pernah menimba ilmu di pesantren sekaligus hobi bermain gim, memiliki penampilan santai yang berbeda dari guru ngaji pada umumnya. Dia juga menggunakan gaya bahasa santai sehingga apa yang dia ajarkan relatif mudah dipahami anak-anak dan membuat suasana belajar mengaji menjadi lebih menyenangkan.

3. Belajar mengaji lewat gim

Lukman menggunakan permainan kartu membuat setiap anak bisa bergiliran menebak huruf hijaiyah sambil menghafalnya. Di sini, semua murid berpartisipasi dan saling menyemangati teman-temannya untuk menghafal.

Shandy, dalam siaran persnya, ditulis Ahad mengatakan, dirinya begitu dekat dengan cerita Jadi Ngaji, sebuah serial religi GoPlay Original. Awalnya, dia mengaku dadanya sempat berdebar karena mendapat tawaran sebagai seorang guru mengaji.

"Sebagai penyuka game online, bisa dibilang secara keseharian saya merasa cukup dekat dengan cerita dalam Jadi Ngaji. Namun, saya juga tertantang untuk bisa menghadirkan sosok Lukman, anak tunggal ustadz terpandang dan mengajar ngaji ke anak-anak TPA. Lukman memiliki karakter keras, susah diatur. Tetapi dia alim dan manis banget sama ibunya," kata dia.

Selama syuting, Shandy mengaku banyak belajar dari para aktor senior, seperti Tabah Penemuan dan Dewi Irawan membahas sosok Lukman. Di dalam serial Jadi Ngaji, tokoh Lukman digambarkan sebagai sosok yang sangat gemar bermain online game yang memutuskan ngekos bersama kedua temannya untuk mengikuti berbagai turnamen e-sport.

Namun, mereka justru mengalami kegagalan, bahkan hingga berutang pada rentenir terkenal di kampung. Meskipun telah berupaya untuk memenangkan kompetisi lain dengan harapan bisa membayar utang dengan hadiah, Lukman dan rekan-rekannya tidak bisa lari lagi dari kejaran tagihan.

Kemudian, agar terbebas dari kejaran rentenir, Lukman terpaksa mengikuti keinginan sang ayah, yang kerap dipanggil Baba, untuk mengajar ngaji selama satu bulan. Meskipun dia pernah menimba ilmu di pesantren, anak laki-laki semata wayang Baba ini tetap mengalami kesulitan harus mengajar anak-anak.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA