Ahad 12 Jul 2020 18:05 WIB

Survei Alvara: Donasi di Tengah Covid-19 Meningkat

Selama pandemi, banyak orang yang tergerak hatinya untuk melakukan sumbangan.

Rep: Muhyiddin/ Red: Ratna Puspita
CEO Alvara Research Center, Hasanuddin Ali
Foto: Republika/Nugroho Habibi
CEO Alvara Research Center, Hasanuddin Ali

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Alvara Research Center menyatakan, pendapatan masyarakat Indonesia yang menurun di tengah pandemi Covid-19 tidak menyurutkan tindakan berdonasi. Meski pendapatan menurun, donasi masyarakat Indonesia meningkat.

CEO dan Founder Alvara Research Center, Hasanuddin Ali, mengatakan, lembaganya melakukan berbagai penelitian untuk melihat pandangan masyarakat terhadap Covid-19 dan dampak yang dirasakan sejak kasus positif Covid-19 muncul pada Maret lalu. Hasil survei tersebut di antaranya, pada tahun ini, sebanyak 6,2 persen masyarakat berdonasi, atau naik dari 4,8 persen dibandingkan pada 2019. 

Baca Juga

“Kalau donasi itu naik, karena di pandemi ini rata-rata banyak orang yang tergerak hatinya untuk melakukan sumbangan untuk masyarakat yang membutuhkan,” ujar Hasanuddin saat konferensi pers penelitian terbaru yang berjudul  “Repson Publik atas Covid-19” secara virtual, Ahad (12/10).

Dia menjelaskan, beberapa bulan yang lalu lembaga riset dari luar juga mengungkapkan bahwa modal dasar Indonesia untuk menangani Covid-19 ini yang paling besar adalah solidaritas. Menurut dia, riset tersebut selaras dengan hasi penelitian Alvara.

“Ini selaras dengan survei kita bahwa semangat orang Indonesia untuk membantu masyarakat terdampak Covid itu cukup tinggi,” ucapnya saat Republika.co.id menanyakannya lebih lanjut.

Menurut dia, meningkatnya kesadaran masyarakat untuk berdonasi atau bersedekah tersebut tidak terlepas dari efek puasa Ramadhan beberapa waktu lalu. Karena, di bulan suci ini masyarakat Indonesia, khususnya umat Islam diajarkan untuk banyak bersedekah.

"Jadi efek puasa Ramadhan masih terasa. Jadi keinginan masyarakat untuk menyumbangkan donasi masih sangat tinggi,” katanya.

Namun, kesadaran masyarakat untuk berdonasi melalui lembaga amil zakat infak dan sedekah (Lazis) masih kurang. Karena, menurut dia, di era pandemi ini masyarakat Indonesia masih lebih banyak yang memilih berdonasi langsung kepada masyarakat yang terdampak.

“Mereka ini lebih banyak melakukan donasi kepada masyarakat langsung. Baru yang kedua melalui lembaga-lembaga yang ada, seperti Dompet Dhuafa, Rumah Zakat, dan lain-lain,” jelas Hasanuddin.

Alvara Research Center melakukan penelitian “Respons Publik atas Covid-19” ini pada 22 Juli sampai 1 Juli 2020. Riset ini menggunakan metode kuantitatif melalui mixed method, online survey, dan mobile assisted phone interview (MAPI) dengan melibatkan 1.225 responden di Indonesia.

Responden yang dilibatkan dalam penelitian ini mayoritas dari kalangan millenial, yakni 51,9 persen. Penelitian ini dilakukan di hampir seluruh kepulauan di Indonesia. Namun, mayoritas responden tersebar di Pulau Jawa dengan proporsi 77,8 persen. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement