Kamis 02 Apr 2020 14:52 WIB

Pemkot Medan Siapkan 14 Hektare Pemakaman Khusus Corona

Puluhan pekerja dikerahkan mempercepat penyelesaian pemakaman khusus corona.

Pemkot Medan Siapkan 14 Hektare Pemakaman Khusus Corona.
Foto: ANTARA FOTO
Pemkot Medan Siapkan 14 Hektare Pemakaman Khusus Corona.

REPUBLIKA.CO.ID, MEDAN -- Pemerintah Kota (Pemkot) Medan menyiapkan lahan pemakaman khusus bagi korban Covid-19 atau corona di Kelurahan Simalingkar B, Kecamatan Medan Tuntungan. Mandor Tempat Pemakaman Umum (TPU) Muslim Simalingkar B, Minpin Bangun mengatakan lahan perkebunan itu milik Pemkot Medan.

"Memang belum ditentukan berapa hektare untuk menampung jenazah, tetapi tidak juga dibatasi harus berapa. Intinya 14 hektare ini siap untuk pemakaman jenazah," katanya, Kamis (2/4).

Baca Juga

Sejauh ini proses pengerjaan lahan pemakaman berjalan lancar. Puluhan pekerja dikerahkan mempercepat penyelesaian. "Kalau bisa, hari ini diselesaikan," ujarnya.

Pantauan di lokasi, sejumlah pekerja membangun akses jalan ke pemakaman. Empat unit truk pasir dan satu unit alat berat membuat lubang untuk jenazah.

Sebelumnya, Kepala Dinas Kesehatan Kota Medan Edwin Effendi mengatakan lahan yang disiapkan sebagai alternatif mengantisipasi penolakan warga terhadap jenazah kasus Covid-19. Selain tempat penguburan khusus, juga disiapkan tim khusus penanganan serta peralatan penguburan.

“Korban yang meninggal terlebih dahulu ditangani rumah sakit. Jenazah sudah dibungkus plastik kedap dan peti yang dikunci sehingga tidak akan menularkan lagi,” katanya.

photo
Infografis protokol menyalatkan jenazah terinfeksi Covid-19. - (Republika.co.id)

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement