Saturday, 18 Safar 1443 / 25 September 2021

Saturday, 18 Safar 1443 / 25 September 2021

Muhammadiyah: Gerhana Bulan, Muslim Disunahkan Shalat

Jumat 03 Apr 2015 14:53 WIB

Rep: C24/ Red: Erik Purnama Putra

Gerhana Bulan total

Gerhana Bulan total

Foto: earthsky.org

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Anggota Majelis Tarjih Pimpinan Pusat Muhammadiyah Mariat Iman mengimbau kepada masyarakat dalam fenomena alam gerhana bulan nanti untuk bisa menelaah bahwa kejadiaan tersebut merupakan peristiwa alam yang ditakdirkan oleh Allah SWT.

"Sebagai orang Islam, bahwa dalam kehidupan kita tidak terlepas dari takdir," ujar Marifat saat dihubungi Republika, Jum'at (3/4).

Dia juga mengatakan agar dari tanda-tanda kebesaran Allah, hendaknya Muslim banyak mengingat Yang Mahakuasa. Dari kejadian alam tersebut hendaknya semakin bisa meningkatkan keimanan seorang Muslim.

Marifat juga memaparkan ketika terjadinya gerhana sebagai tanda dari kekuasaan Allah maka Muslim disunahkan untuk melakukan shalat gerhana. Dia mengatakan hukum shalat gerhana adalah sunah muakad alias amalan yang ditekankan untuk dikerjakan.

"Mengingatkan kalau ini pereistiwa alami berdasarkan takdir Tuhan, kita harus mengingat segala sesuatunya atas kehendak Allah," paparnya. Pada Sabtu (4/4) 2015 akan terjadi gerhana bulan. Gerhana tersebut akan berlangsung mulai pukul 17.16 sampai 20.45 WIB.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA