Tuesday, 5 Safar 1442 / 22 September 2020

Tuesday, 5 Safar 1442 / 22 September 2020

Pesan Rasulullah Bagi Orang yang Sulit Bisa Baca Alquran

Sabtu 08 Aug 2020 10:19 WIB

Rep: Imas Damayanti/ Red: Christiyaningsih

Rasulullah memberikan pesan kepada umatnya yang sulit membaca Alquran. Ilustrasi.

Rasulullah memberikan pesan kepada umatnya yang sulit membaca Alquran. Ilustrasi.

Foto: EPA-EFE/YAHYA ARHAB
Rasulullah memberikan pesan kepada umatnya yang sulit membaca Alquran

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Bagi umat Muslim, bisa membaca Alquran dianggap sebagai sebuah kewajiban. Namun bagi segelintir umat Muslim, untuk bisa membaca Alquran membutuhkan perjuangan yang lebih.

Baca Juga

Hal ini pun sejak jauh-jauh hari telah menjadi perhatian Rasulullah SAW. Maka beliau pun berpesan kepada umatnya yang sulit membaca Alquran untuk memperhatikan suatu hal sekaligus menjalankan suatu hal dalam takaran yang dimampu.

Dalam kitab Sirah Sahabat karya Syekh Muhammad Yusuf Al-Kandahlawy disebutkan sebuah hadis mengenai hal itu. Abdul Ghafir bin Salamah Al-Himshy mentakhrij dari Abu Raihanah, dia berkata: “Aku menemui Nabi SAW untuk mengadukan kesulitanku dalam membaca dan memahami Alquran”.

Kemudian, Nabi pun menjawab: “Jangan engkau bebankan sesuatu di luar kesanggupanmu kepada dirimu. Tapi bolehlah engkau melakukan sujud jika mengalaminya (mengalami kesulitan dalam bisa membaca Alquran)”.

Umairah berkata: “Maka sejak saat itu Abu Raihanah banyak melakukan sujud”.

Pesan Rasulullah SAW ini setidaknya menyiratkan dua makna dan pesan moral yang dapat dipetik. Pertama adalah tentang proses pendidikan yang bertahap dengan tidak memaksakan kehendak.

Kedua, meski tidak dipaksakan kehendak dalam membaca dan memahami Alquran, Rasulullah juga menyarankan kepada orang yang menemui kesulitan dalam membaca Alquran untuk bersujud. Artinya, perintah bisa membaca Alquran merupakan kewajiban yang tersirat dari pesan Nabi.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA