Kamis 09 Feb 2023 20:12 WIB

Tantang AS, Israel Tegaskan Pembangunan Permukiman di Tepi Barat Jalan Terus

Pernyataan ini dikeluarkan Israel sebagai tanggapan dari perintah Menlu AS.

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah
Tampak permukiman Maale Michmash yang dibangun Israel di Tepi Barat. Tantang AS, Israel Tegaskan Pembangunan Permukiman di Tepi Barat Jalan Terus
Foto: Majdi Mohammed/AP
Tampak permukiman Maale Michmash yang dibangun Israel di Tepi Barat. Tantang AS, Israel Tegaskan Pembangunan Permukiman di Tepi Barat Jalan Terus

REPUBLIKA.CO.ID, RAMALLAH -- Menteri Keuangan Israel Bezalel Smotrich menegaskan Israel tidak akan menghentikan rencana pembangunan permukiman di Tepi Barat. Pernyataan ini dikeluarkan Smotrich, selaku sekutu sayap kanan Perdana Menteri Benjamin Netanyahu pada Selasa (7/2/2023).

 

Baca Juga

"Tidak akan ada pembekuan konstruksi di Yudea dan Samaria, titik," kata Smotrich dari partai Zionisme Keagamaan, dilansir dari New Arab, Kamis (9/2/2023).

 

Pernyataan ini dikeluarkan Israel sebagai tanggapan dari perintah Menteri Luar Negeri AS, Antony Blinken yang menekan Israel untuk menghentikan pembangunan di Tepi Barat.

 

Anggota senior koalisi sayap kanan Netanyahu telah berusaha untuk lebih memperluas permukiman Yahudi di Tepi Barat, yang direbut oleh Israel dalam perang 1967 dan di mana Palestina telah lama ingin mendirikan negara. Sebagian besar kekuatan dunia menganggap pemukiman Israel di Tepi Barat dan Yerusalem Timur sebagai ilegal.

 

Pada kunjungan ke Israel dan Palestina minggu lalu, Blinken mengulangi seruan AS untuk solusi dua negara dan menyerukan secara terbuka untuk mengakhiri perluasan pemukiman.

Dalam pembicaraan pribadi dengan Netanyahu, Blinken juga meminta Israel untuk menghentikan pembangunan pemukiman Yahudi di Tepi Barat dan menghentikan penghancuran rumah-rumah Palestina, tiga sumber AS dan Palestina mengonfirmasi kepada Reuters , menekankan bahwa permintaan tersebut tidak dinyatakan sebagai permintaan resmi.

 

Smotrich juga mengawasi organisasi kementerian pertahanan yang bertanggung jawab untuk menegakkan beberapa peraturan di Tepi Barat, memberinya kekuasaan yang signifikan atas wilayah tersebut.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement