Sabtu 10 Dec 2022 13:23 WIB

Viral Video Guru di AS Ganggu Murid Muslim Sedang Sholat

Guru tersebut sudah dipecat.

Rep: Amri Amrullah/ Red: Ani Nursalikah
Ilustrasi  Anti Muslim. Viral Video Guru di AS Ganggu Murid Muslim Sedang Sholat
Foto: Republika/Mardiah
Ilustrasi Anti Muslim. Viral Video Guru di AS Ganggu Murid Muslim Sedang Sholat

REPUBLIKA.CO.ID, FLORIDA -- Sebuah video rasis yang menjadi viral menunjukkan seorang guru di sebuah sekolah di Florida, Amerika Serikat (AS) yang mengganggu beberapa siswa Muslim yang sedang sholat di salah satu ruangan di sekolah tersebut. Guru tersebut mengganggu aktivitas sholat para murid dengan lewat di atas sajadah saat murid sedang sujud.

Dia lewat sambil berkata, "Saya percaya Yesus, jadi saya mengganggu di lantai."

Baca Juga

Insiden itu terjadi di Franklin Academy, sebuah sekolah piagam di Pembroke Pines di Broward County barat laut Miami. Sontak video insiden rasial itu mendapat perhatian sekolah itu. Sebagai tanggapannya, sekolah memecat guru yang bersikap rasis tersebut, seperti dilaporkan stasiun berita lokal Local 10 News.

Tidak diketahui kapan insiden itu terjadi, tetapi video tersebut diposting ke TikTok pada Rabu (7/12/2022). Video tersebut ditonton lebih dari tiga juta kali, dan dibagikan oleh beberapa pengguna Twitter pada Kamis (8/12/2022) dan Instagram pada Jumat (9/12/2022).

 

Dalam klip singkat itu, terlihat dan terdengar dua orang siswa sedang melantunkan ayat-ayat Alquran saat sholat, tepat sebelum setelah itu guru yang belum diketahui identitasnya itu masuk ke ruangan. Guru itu masuk lalu dan kemudian terdengar berkata, "Tunggu, ini kantor saya dan kalian melakukan ritual sihir ini?"

Dia kemudian mulai meniup peluit. Guru itu berjalan di atas sajadah mereka dan tampaknya menginjak tangan seorang siswa dengan sepatunya saat dia melakukan sujud. 

Sholat yang dilakukan siswa Muslim ini dilindungi oleh Amandemen Pertama dan memungkinkan siswa beribadah saat mereka tidak ikut serta dalam kegiatan sekolah atau tidak mengganggu waktu pengajaran. Franklin Academy mengatakan dalam sebuah pernyataan mulai menyelidiki insiden tersebut tepat setelah mengetahui video TikTok yang sangat meresahkan yang dibagikan kepada tim kepemimpinan sekolah.

"Meskipun kami tidak membahas masalah personel, kami dapat berbagi dengan Anda bahwa guru yang bersangkutan tidak lagi menjadi anggota staf Akademi Franklin. Kami berterima kasih kepada orang tua karena telah bermitra dengan kami dan mempercayai kami dengan anak-anak mereka dan pendidikan mereka. Melalui komunikasi berkelanjutan yang kami bina sebagai sebuah tim, sekolah bisa menjadi lebih kuat," kata perwakilan pihak sekolah piagam dalam sebuah pernyataan kepada Local 10 News.

Sekolah melanjutkan dengan mengatakan Franklin Academy tidak mentoleransi perilaku diskriminatif. "Seperti yang diketahui banyak orang, kami adalah sistem sekolah International Baccalaureate (IB), dan sebagai bagian dari inisiatif IB yang menjadi komitmen kami, Franklin bertujuan mengembangkan rasa ingin tahu, pengetahuan dan orang-orang muda yang peduli yang membantu menciptakan dunia yang lebih baik dan lebih damai melalui pemahaman dan rasa hormat antarbudaya dan ras," katanya.

Direktur Komunikasi Dewan Hubungan Amerika-Islam (CAIR) di Florida Wilfredo Ruiz mengutuk insiden itu dan menggambarkan video itu sebagai hal yang menjijikkan.

"Melihat seorang guru mengungkapkan begitu banyak kebencian dan mengintimidasi siswa ketika guru seharusnya menjadi orang yang melindungi siswa dan melindungi perbuatan baik mereka," kata Ruiz kepada Local 10 News, dilansir Newsweek, Jumat (9/12/2022).

Dalam sebuah pernyataan yang diposting oleh CAIR Florida pada Jumat (9/12/2022), organisasi tersebut menyatakan kepuasannya tentang keputusan Franklin Academy untuk memecat guru tersebut. CAIR menilai guru itu diduga terlibat dalam ujaran kebencian yang menargetkan siswa Muslim yang sedang sholat di sekolah.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement