Sunday, 3 Jumadil Awwal 1444 / 27 November 2022

Arab Saudi Luncurkan Platform Nusuk untuk Fasilitasi Peziarah Umroh

Selasa 27 Sep 2022 17:00 WIB

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Muhammad Hafil

 Platform Nusuk diluncurkan Arab Saudi untuk permudah umroh. Foto: Seorang jamaah haji berjalan di depan spanduk penyambutan setibanya di Bandara Internasional King Abdulaziz di Jeddah, Arab Saudi, Jumat, 1 Juli 2022.

Platform Nusuk diluncurkan Arab Saudi untuk permudah umroh. Foto: Seorang jamaah haji berjalan di depan spanduk penyambutan setibanya di Bandara Internasional King Abdulaziz di Jeddah, Arab Saudi, Jumat, 1 Juli 2022.

Foto: AP/Amr Nabil
Platform Nusuk diluncurkan Arab Saudi untuk permudah umroh.

REPUBLIKA.CO.ID,RIYADH -- Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi meluncurkan platform pemerintah terpadu baru, Senin (26/9/2022). Melalui platform ini, para peziarah dapat merencanakan dan memesan kunjungan mereka ke kota-kota suci Makkah dan Madinah.

Platform yang dimaksud diberi nama 'Nusuk'. Nantinya, pelancong dari seluruh dunia dapat dengan mudah mengatur seluruh kunjungan ke Kerajaan, mulai dari mengajukan e-Visa hingga memesan hotel dan penerbangan.

Baca Juga

Platform ini juga disebut menyediakan berbagai layanan dan informasi bagi peziarah dan pengunjung. Hal tersebut memungkinkan mereka melakukan ritual umrah dengan mudah.

Dilansir di //Arab News//, Selasa (27/9), peluncuran tersebut adalah bagian dari tujuan Visi 2030 Kerajaan, untuk meningkatkan kualitas layanan yang diberikan dan memperkaya pengalaman keagamaan dan budaya para peziarah.

Nusuk diluncurkan bekerja sama dengan Otoritas Pariwisata Saudi. Nantinya, ia akan terkait dengan layanan yang disediakan oleh situs web pariwisata resmi Kerajaan “Visit Saudi Arabia”.

Tujuan platform ini adalah memperkaya pengalaman peziarah, sekaligus memfasilitasi prosedur reservasi dan komunikasi untuk menyediakan berbagai paket dan  program.

Mereka yang ingin melakukan Umrah disebut dapat menggunakan Nusuk untuk mendapatkan visa dan izin yang diperlukan, serta memesan paket dan program secara elektronik.

Berbagai layanan lain akan ditambahkan ke platform ini pada tahap selanjutnya. Di dalamnya akan tersedia peta interaktif, kalender untuk penawaran dan kegiatan, panduan instruksi digital dalam beberapa bahasa, serta informasi dan layanan kesehatan.

Adapun platform Maqam yang sebelumnya diluncurkan akan terus beroperasi, hingga semua layanan dialihkan ke Nusuk pada tahap selanjutnya.

Menteri Haji dan Umrah Dr Tawfiq bin Fawzan Al-Rabiah menjelaskan, platform Nusuk merupakan perpanjangan dari upaya berkelanjutan untuk meningkatkan kualitas layanan yang diberikan kepada jamaah dengan menggunakan teknologi terkini.

Ia menambahkan, platform tersebut merupakan hasil kerja sama beberapa instansi pemerintah untuk memfasilitasi prosedur ibadah, dengan tujuan memperkaya perjalanan spiritual mereka.  

Sumber:

https://www.arabnews.com/node/2169796/saudi-arabia

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA