Sunday, 16 Muharram 1444 / 14 August 2022

 8.695 Pelajar Turki Lulus Hafalan Alquran

Jumat 01 Jul 2022 04:45 WIB

Rep: Rossi Handayani/ Red: Agung Sasongko

Infografis Alasan Ada Surah yang Terputus dalam Alquran. Ilustrasi Alquran

Infografis Alasan Ada Surah yang Terputus dalam Alquran. Ilustrasi Alquran

Foto: Republika.co.id
Lebih dari 8.000 siswa di Turki lulus dari kursus menghafal Alquran

REPUBLIKA.CO.ID,ANKARA -- Lebih dari 8.000 siswa di Turki lulus dari kursus menghafal Alquran dalam satu tahun.

Dilansir dari laman Abna24 pada Kamis (30/6), Menurut laporan, sebanyak 8.695 anak laki-laki dan perempuan Turki berhasil menghafal seluruh Alquran pada tahun ajaran 2021-22. Mereka telah menerima sertifikat hafalan Alquran dari Direktorat Urusan Agama (Diyanet) negara itu.

Baca Juga

Sebanyak 73 ribu siswa mengambil kursus Alquran yang diadakan di seluruh negeri pada tahun ajaran sebelumnya. Lebih dari 7.000 guru mengajar kursus.

Menurut statistik Diyanet, ada sekitar 200 ribu orang di Turki yang telah menerima sertifikat penghafal Alquran. Selain sekolah, sekitar 90 ribu masjid di Turki menyelenggarakan kursus Alquran untuk siswa dan lainnya tentang menghafal, Tafsir dan ajaran Islam dan Alquran.

Adapun Alquran adalah satu-satunya Kitab Suci agama yang dihafal oleh para pengikutnya. Orang-orang yang tak terhitung jumlahnya di setiap komunitas Muslim telah menghafal Alquran sejak hari pertama diturunkan. Alquran memiliki 30 Juz, 114 Surat dan 6.236 ayat.

Di samping itu, Diyanet berencana melatih lebih banyak penghafal Alquran di negara itu. Sebelumnya Kepala Direktorat Urusan Agama Turki, Ali Erbas mengatakan sekitar 200 ribu orang di seluruh Turki telah menerima izin menghafal Alquran dan hampir 80 ribu lainnya mengikuti kursus menghafal Alquran.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA