Thursday, 18 Syawwal 1443 / 19 May 2022

700 Pemain Sepak Bola Putri Arab Saudi Berebut Masuk Timnas

Ahad 23 Jan 2022 16:05 WIB

Rep: Dea Alvi Soraya/ Red: Ani Nursalikah

Tim sepak bola putri (wanita) Arab Saudi. 700 Pemain Sepak Bola Putri Arab Saudi Berebut Masuk Timnas

Tim sepak bola putri (wanita) Arab Saudi. 700 Pemain Sepak Bola Putri Arab Saudi Berebut Masuk Timnas

Foto: Saudi Gazette
Timnas sepak bola putri Arab Saudi akan melawan Seychelles pada 20 Februari.

REPUBLIKA.CO.ID, JEDDAH -- Tim nasional sepak bola wanita pertama Arab tengah menjalani sesi pelatihan intensif setelah menyelesaikan proses penyaringan akhir dan tes kinerja yang panjang. Staf teknis profesional dan berkualifikasi dikumpulkan untuk berkontribusi dalam penyeleksian dan pengevaluasian 700 pemain yang bersaing untuk mendapatkan tempat di tim nasional.

Staf teknis yang dipimpin oleh pelatih kepala tim nasional Monika Staab, pesepakbola terkemuka Jerman, ditugaskan membentuk tim yang kuat yang mampu mewakili Kerajaan di pertandingan regional dan internasional. Stadion Olahraga Raja Abdullah (Stadion Al-Jawhara) Jeddah menjadi tuan rumah fase pertama kamp pelatihan, sementara kamp fase kedua akan diadakan di Riyadh dari 27 Januari hingga 16 Februari.

Baca Juga

Pada kamp berakhir, tim sepak bola putri nasional pertama Saudi itu akan sepenuhnya siap untuk mewakili Kerajaan dalam dua pertandingan internasional pertama, yang dijadwalkan akan diadakan di Maladewa. Pertandingan pertama melawan Seychelles pada 20 Februari dan yang kedua melawan Maladewa pada 24 Februari.

Beberapa sesi latihan akan berfokus pada kebugaran dan latihan otot diadakan untuk anggota tim nasional terpilih dengan tujuan meningkatkan tingkat kebugaran mereka. Latihan taktis juga diintensifkan sebelum para pemain dibagi menjadi dua kelompok.

Para penjaga gawang menjalani latihan khusus di bawah pengawasan pelatih kiper Catherine Lingert. Latihan tim diadakan setiap hari dalam shift pagi dan sore dan ini termasuk latihan fisik dan taktis, serta beberapa pelajaran teoretis dan analitis sehingga anggota tim mencapai tingkat kesiapan terbaik sebelum berangkat ke Maladewa.

Patut dicatat staf teknis tim nasional telah melakukan tes kinerja untuk memilih anggota tim yang paling memenuhi syarat dari berbagai wilayah Kerajaan sejak Oktober lalu. Staf teknis melakukan beberapa tes dan eksperimen kualifikasi di beberapa kota sejak Oktober 2021, diikuti oleh lebih dari 700 pemain.

“Sejak September lalu, kami mulai mencari pemain terbaik yang bisa mendapatkan tempat dalam perjalanan tim nasional untuk bertanding di pertandingan internasional pertamanya di Maladewa pada Februari,” kata Staab, dilansir di Arab News, Ahad (23/1/2022). 

“Bulan depan tim nasional yang baru dibentuk akan memainkan dua pertandingan internasional pertama, sebagai persiapan untuk masuk ke peringkat bulanan FIFA, karena kami bercita-cita untuk secara resmi memasuki klasifikasi internasional sepanjang tahun serta di kompetisi AFC dan Internasional di tidak lama lagi,” sambungnya. 

Staf teknis yang dipimpin oleh Monica Staab, terdiri dari asisten pelatih Dana Rajab, Sandra Kalin (Swiss) dan Martin Pachulik (Slovakia), pelatih kiper Catherine Lingert (Jerman) dan analis video Dana Newbery (Australia). Badan administratif tim putri termasuk supervisor tim Alia Al-Rasheed, manajer tim Beren Sadaqa, dan administrator tim Dalia Al-Obeikan dan Intisar Al-Qahtani. Suleiman Sharahili dan Fahd Al-Turki sebagai koordinator tim. 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 

BERITA TERKAIT

 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA