Sunday, 23 Rabiul Akhir 1443 / 28 November 2021

Sunday, 23 Rabiul Akhir 1443 / 28 November 2021

Beragam Lomba Peringati Maulid Nabi Digelar di Thailand

Senin 18 Oct 2021 18:08 WIB

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Ani Nursalikah

Beragam Lomba Peringati Maulid Nabi Digelar di Thailand

Beragam Lomba Peringati Maulid Nabi Digelar di Thailand

Foto: MGROL100
Acara ini bertujuan mendekatkan umat Islam dengan karakteristik Nabi Muhammad SAW.

REPUBLIKA.CO.ID, BANGKOK -- Sebuah kontes khusus akan diadakan di Thailand pada hari peringatan kelahiran Nabi Muhammad SAW dan Pekan Persatuan. Bertajuk “Teladan yang Baik dari Nabi Muhammad SAW," kompetisi ini diselenggarakan oleh kedutaan Iran untuk Thailand.

Kompetisi terdiri dari tiga bagian: puisi, lukisan, dan klip video. Dilansir dari Ahlul Bayt News Agency, Senin (18/10), acara ini akan diselenggarakan oleh sekolah Al-Zahra, dan siswa dari tingkat SD hingga SMA dapat mengikuti lomba tersebut. Sebuah bagian khusus untuk keluarga juga telah dirancang.

Baca Juga

Atase kebudayaan Iran di Thailand Mahdi Hassankhani mengatakan acara ini bertujuan mendekatkan umat Islam dengan karakteristik Nabi Muhammad SAW. Acara ini disebut akan digelar dengan partisipasi anak muda.

Menurut Organisasi Komunikasi dan Kebudayaan Islam, para peserta dapat mengirimkan karya mereka ke acara mulai 19 Oktober selama satu minggu. Kemudian pada hari ke-17 Rabiul Awal yang jatuh pada tanggal 3 November tahun ini dan diyakini oleh komunitas Syiah untuk menandai hari kelahiran Nabi Muhammad SAW. Sementara Muslim Sunni menganggap hari ke-12 sebagai hari ulang tahun terakhir Nabi. 

Interval antara dua tanggal ini diperingati setiap tahun sebagai Pekan Persatuan Islam. Hal ini diputuskan oleh pendiri Republik Iran, Imam Khomeini yang menyatakan kesempatan itu sebagai Pekan Persatuan Islam pada 1980-an.

Maulid Nabi Muhammad SAW adalah peringatan hari lahir Nabi yang di Indonesia perayaannya jatuh pada setiap tanggal 12 Rabiul Awal dalam penanggalan Hijriyah. Kata maulid atau milad dalam bahasa Arab yang berarti hari lahir. 

Perayaan Maulid Nabi merupakan tradisi yang berkembang di masyarakat Islam jauh setelah Nabi Muhammad SAW wafat. Secara subtansi, peringatan ini adalah ekspresi kegembiraan dan penghormatan kepada Nabi Muhammad.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA