Rabu 05 Aug 2020 09:46 WIB

Keluarga Muslim Ayodhya Puluhan Tahun Buat Khadaus Hindu

Khadaus adalah sandal kayu untuk para wali suci Hindu.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Ani Nursalikah
Keluarga Muslim Ayodhya Puluhan Tahun Buat Khadaus Hindu. Pengrajin khadaus, Mohd. Azam di Ayodhya, India. Khadaus adalah alas kaki kayu untuk para wali suci Hindu.
Foto: ANI News
Keluarga Muslim Ayodhya Puluhan Tahun Buat Khadaus Hindu. Pengrajin khadaus, Mohd. Azam di Ayodhya, India. Khadaus adalah alas kaki kayu untuk para wali suci Hindu.

REPUBLIKA.CO.ID, AYODHYA -- Satu keluarga Muslim yang tingg di Ayodhya, India, membuat khadaus atau alas kaki kayu untuk para wali suci Hindu. Pekerjaan ini telah berlangsung selama beberapa generasi dan menjadi sumber pendapatan utama mereka.

Pengrajin khadaus, Mohd. Azam, mengatakan dirinya adalah generasi kelima dari keluarganya yang meneruskan pembuatan alas kaki kayu ini. “Saya membuat Khadaus, yang digunakan oleh orang-orang suci Hindu, untuk mencari nafkah. Ini juga disembah oleh banyak orang. Saya generasi kelima di keluarga yang membuat ini, dan akan terus melanjutkan tradisi yang dimulai oleh leluhur saya," katanya dilansir di ANI, Rabu (5/8).

Baca Juga

Khadaus memiliki makna besar, khususnya dalam agama Hindu. Dalam mitologi epik Ramayana, Bharat, adik laki-laki Lord Ram, menempatkan khadaus Rama di atas takhta sebagai simbol otoritas atas kerajaan. Dengan demikian, alas kaki kayu ini merupakan objek pemujaan bagi banyak orang, bahkan hingga hari ini.

Azam, yang bekerja dengan tujuh orang lainnya dalam proses pembuatan khadaus, mengharapkan kenaikan penjualan setelah pembangunan Kuil Ram di kota suci. "Ketika Kuil Ram dibangun, banyak orang akan datang ke Ayodhya dan saya berharap lebih banyak penjualan Khadaus. Ini akan meningkatkan kondisi dan mata pencaharian kami," katanya.

Mengesampingkan ketidakharmonisan komunal, Azam menambahkan, Hindu dan Muslim tidak dipandang berbeda di sini. "Kita semua bekerja bersama dan merayakan festival satu sama lain. Saya memiliki rekan kerja yang beragama Hindu, dan kita semua hidup dengan damai," kata dia.

https://www.aninews.in/videos/national/generations-muslim-family-ayodhya-making-khadaus-hindu-saints/ 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement