Sunday, 23 Rajab 1442 / 07 March 2021

Sunday, 23 Rajab 1442 / 07 March 2021

Lagi, Masjid di Jerman Diserang dengan Kepala Babi

Selasa 19 May 2020 14:36 WIB

Rep: zainur mahsir ramadhan/ Red: Ani Nursalikah

Lagi, Masjid di Jerman Diserang dengan Kepala Babi. Ilustrasi

Lagi, Masjid di Jerman Diserang dengan Kepala Babi. Ilustrasi

Foto: Foto : MgRol_94
Aksi menggantung kepala babi di pintu masjid Jerman contoh rasialisme Muslim.

REPUBLIKA.CO.ID, VAIHINGEN -- Umat Muslim di Jerman Selatan dihebohkan dengan adanya kepala babi yang menggantung di salah satu pintu di Masjid Fatih, Kota Vaihingen, Sabtu (16/5). Alhasil, pengelola Masjid Fatih yang berada di naungan Turki-Uni Islam untuk Urusan Agama (DITIB) melaporkan hal tersebut ke pihak berwenang keesokan harinya.

Mengutip Daily Sabah, aksi itu dilakukan oleh dua orang pemuda dari kota lain yang sengaja datang dan menempelkan kepala babi itu. Berdasarkan kamera pengintai, para pelaku yang menggunakan kendaraan sejenis van itu, langsung mengambil foto setelah melakukan tindakan yang memprovokasi.

Kepala pengurus Masjid Fatih, Latif Pekmezci mengutuk aksi dua pemuda yang diperkirakan berusia 25 dan 30 tahun itu. Bahkan, ia yang menghubungi kepolisian, meminta agar kasus tersebut diusut dan dilakukan penyelidikan.

Baca Juga

Atas terjadinya kejadian yang mencoreng Masjid Turki di Jerman itu, beberapa tokoh Turki seperti Duta Besar Turki di Jerman Mehmet Erkan Öner dan Menteri Kehakiman Turki Abdulhamit Gül juga mengutuk kejadian tersebut. Bahkan, dalam sebuah cicitan di akun Twitter resminya, Erkan menyebut tindakan itu adalah contoh baru dari rasialisme terhadap Muslim.

Tindakan yang menghina rumah ibadah umat Muslim di Jerman itu, nyatanya bukan kali pertama. Sebab, pada tahun lalu, kepala babi dan beberapa kantong darah juga ditemukan di salah satu sudut di masjid Monchengladbach.

Tak hanya masjid, asosiasi Islam di Rostock juga sempat menjadi korban dari serangan rasialisme semacam itu. Utamanya, kepala babi dan bagian lainnya yang sengaja ditempatkan dengan terencana. Mengutip laporan pada 2019, setidaknya ada 184 serangan terhadap masjid yang tercatat di Jerman. 

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA