DPR Lantik Pimpinan Baru BKSAP

BKSAP harus lebih aktif menjalin kerja sama dengan parlemen dunia.

Kamis , 26 Jul 2018, 01:20 WIB
Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI Nurhayati Ali Assegaf, saat memberi sambutan pada workshop tentang TPB dan konvensi PBB antikorupsi di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Senin (23/4).
Foto: Humas DPR
Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI Nurhayati Ali Assegaf, saat memberi sambutan pada workshop tentang TPB dan konvensi PBB antikorupsi di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Senin (23/4).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan Kerja Sama Antara Parlemen (BKSAP) DPR RI telah memiliki pimpinan yang lengkap setelah sebelumnya terjadi kekosongan. Anggota Fraksi Golkar Fadel Muhammad dan Hasrul Azwar dari Fraksi PPP ditunjuk menjadi wakil ketua. 

Keduanya dilantik langsung oleh Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon dan disaksikan Ketua BKSAP Nurhayati Ali Assegaf dan Wakil Ketua BKSAP Rofi Munawar.

Usai membacakan keputusan Pimpinan DPR RI soal pergantian Pimpinan BKSAP di ruang rapat BKSAP, Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Rabu (25/7/2018), Fadli secara simbolis menyerahkan palu rapat kepada kedua pimpinan BKSAP yang baru.

Fadli berharap pimpinan baru dapat membawa BKSAP bisa bergerak aktif untuk menjalin kerja sama dengan parlemen-parlemen dunia. Dia menambahkan, BKSAP harus bisa memberikan kontribusi nyata dalam berbagai pertemuan parlemen maupun organisasi dunia.

“Kita harapkan BKSAP sesuai tupoksinya bisa menjadi alat kelengkapan dewan yang melaksanakan tugas untuk mengembangkan, membina, dan meningkatkan hubungan persahabatan dan kerja sama antara DPR RI dengan parlemen negara lain,” kata Fadli seperti dikutip dari laman resmi DPR. 

Fadel Muhammad menggantikan Siti Hediati Soeharto yang sudah mengundurkan diri dari DPR RI dan berpindah partai politik. Sementara Hasrul Azwar menggantikan Nurhayati Manoarfa yang beberapa waktu lalu ilantik menjadi Wakil Ketua Badan Urusan Rumah Tangga (BURT) DPR RI.

Ketua BKSAP Nurhayati Ali Assegaf menjelaskan, sesuai tupoksinya BKSAP bisa menjalankan amanah dengan baik. “Dengan bertambahnya pimpinan, kita bisa lebih sempurna lagi menjalankan amanah," ujar dia.